Jumat, 23 Agustus 2019

INTERNASIONAL

Rusuh di Hong Kong, China Tolak Kunjungan Kapal Angkatan Laut Amerika

news24xx


Penumpang mengantri saat bandara dibuka kembali sehari setelah aktivitas penerbangan dihentikan akibat protes, di Bandara Internasional Hong Kong, China, Selasa (13/8/2019). Foto: Reuters. Penumpang mengantri saat bandara dibuka kembali sehari setelah aktivitas penerbangan dihentikan akibat protes, di Bandara Internasional Hong Kong, China, Selasa (13/8/2019). Foto: Reuters.

RIAU1.COM -China menolak kunjungan dua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat ke Hong Kong dalam beberapa pekan mendatang. Pasalnya, krisis politik di bekas jajahan Inggris tersebut semakin parah.

Dilansir dari Antara, Rabu (14/8/2019), pejabat yang meminta identitasnya dirahasiakan menuturkan, kapal transportasi Green Bay meminta izin untuk dapat mengunjungi Hong Kong akhir Agustus ini. Sementara itu, kapal penjelajah Lake Erie meminta izin masuk pada September.



BACA JUGA : Gara-gara Ditolak Beli Pulau Greenland, Donald Trump Batalkan Kunjungan ke Denmark

Salah satu pejabat menyebutkan, tidak ada alasan spesifik yang diberikan. Namun langkah seperti itu tidak pernah terjadi sebelumnya.



BACA JUGA : Kasus Ujaran Kebencian, Zakir Naik Diburu di India dan Bermasalah di Malaysia

Pada 2018, untuk terakhir kalinya, China menolak izin masuk kapal serbu Wasp ke Hong Kong. Namun pada April lalu, kapal komando amfibi Blue Ridge berhasil mengunjungi pelabuhan Hong Kong.

Penolakan tersebut dilakukan saat aparat kepolisian dan pengunjuk rasa di Hong Kong terlibat bentrok di bandara internasional pada Selasa setelah penerbangan mengalami gangguan selama dua hari.