Usai Ibadah Jemaah Calon Haji Kembali Ke Pondok Tanpa Sandal, Ini Penyebabnya

Usai Ibadah Jemaah Calon Haji Kembali Ke Pondok Tanpa Sandal, Ini Penyebabnya

27 Juli 2019
Suasana ibadah haji (Foto: Istimewa/haji.kemenag.go.id)

Suasana ibadah haji (Foto: Istimewa/haji.kemenag.go.id)

RIAU1.COM - Kepala Seksi Kesehatan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), M Imran menyebutkan apa yang menyebabkan beberapa jemaah calon haji asal Indonesia tak lagi menggunakan sandal usai menjalankan ibadah di Tanah Suci, Sabtu, 27 Juli 2019.


Menurutnya, kebanyakan saat jemaah kehilangan sandal usai melaksanakan ibadah umrah dan lainnya. Padahal menurutnya cukup berbahaya jika jemaah memaksakan diri pulang ke pemondokan tanpa memakai sandal. Kaki dapat terluka bahkan mudah melepuh akibat suhu yang panas.

"Biasanya jamaah menaruh sandal di pintu masjid atau di luar masjid kemudian lupa di pintu berapa sandalnya diletakkan," sebutnya.

Cara terbaik agar jemaah tidak kehilangan sandal yaitu membawa sandal saat ibadah dengan cara dimasukkan dalam tas khusus.

Sandal di bawa masuk ke dalam masjid dan diletakkan di samping badan atau di depan tempat sujud saat salat. Atau bisa juga diikatkan ke tas paspor atau sabuk ikat pinggang.

Agar tidak menyusahkan pilihlah sandal yang pas ukurannya dengan telapak kaki dan ringan agar tidak repot membawanya kemana-mana.