Yuk Kenalan Dengan James Dyson, Pengusaha Sekaligus Penemu Penyedot Debut

Yuk Kenalan Dengan James Dyson, Pengusaha Sekaligus Penemu Penyedot Debut

21 Juli 2019
James Dyson (Foto: Istimewa/Internet)

James Dyson (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Tak banyak yang mengikuti jejak James Dyson, pengusaha sekaligus penemu alat penyedot debu tanpa kantong, Dual Cyclone.

Dikutip dari bisnis.com, Minggu, 21 Juli 2019, karirnya dimulai setelah menamatkan Sekolah Seni Byam Shaw dan mengikuti kursus desain interior dan desain furnitur dari Royal College of Art dari tahun 1966 hingga 1970.

Kemudian bekerja di Rotork Controls Ltd., di Bath, Somerset sebagai perancang kapal pendarat berkecepatan tinggi. Pada akhir tahun 1970-an, ia tak sengaja menghadapi masalah dengan penyedot debu Hoover Junior dan merasa bahwa sistem kantung yang ada malah menghalangi kinerja pembersih tersebut.

Saat itu pula, dia mulai mendesain penyedot debu tanpa kantong yang lebih efisien selama bertahun-tahun. Akhirnya di tahun kelima, dirinya meluncurkan penyedot debut G-Force pada tahun 1983.

Tidak di kampung halamannya, di Jepang, karyanya diterima dan memenangkan International Design Fair. Dyson kemudian mendapatkan paten untuk teknologi ini pada tahun 1986.

Beberapa tahun kemudian dirinya menghadapi masalah dengan tak mendapatkan respons positif dari produsen besar.

Kemudian memutuskan mendirikan perusahaan produksi sendiri di Inggris. Pada masa itu, dia mendapatkan popularitas. Produk Dual Cyclone ternyata mencatat penjualan tercepat.

Loading...

Ketika ia meluncurkan produknya di Amerika Serikat pada tahun 2002, Dyson mendapatkan kesuksesan dalam waktu tiga tahun. Dirinya berhasil meraih 20 persen pangsa pasar.

Tak puas dengan itu, dia melanjutkan pengembangan penyedot debunya dengan menciptakan teknologi baru seperti konsep Ballbarrow dalam Dyson Ball dan meluncurkan Dyson Airblade, produk pengering tangan untuk kamar mandi umum.

Selama berkarya, Dyson menerima penghargaan Prince Phillip Designers Prize pada tahun 1997, Penghargaan Lord Lloyd dari Kilgerran pada tahun 2000 dan mendapatkan gelar doktor kehormatan dalam bidang Teknik.