Ilmuwan Sebut Dalam 3 Miliar Tahun Semua Air di Bumi Akan Capai Titik Didih

Ilmuwan Sebut Dalam 3 Miliar Tahun Semua Air di Bumi Akan Capai Titik Didih

17 Februari 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - llmuwan berpendapat bahwa dalam 2,5 hingga 3 milyar tahun mendatang, temperatur matahari akan naik hingga semua air yang ada di Bumi mencapai titik didih.

Matahari yang kira-kira umurnya 4,5 milyar tahun memiliki umur yang hanya sepertiga dari umur alam semesta ini. Jadi, matahari masih dalam posisi akan Iebih terang lagi. 

Para ilmuwan justru berpendapat bahwa umat manusia tak akan menyaksikan kejadian ketika matahari mati, pasalnya ketika matahari akan makin panas, karbon dioksida di Bumi akan lenyap dan kehidupan di Bumi akan musnah. 

llmuwan berpendapat bahwa dalam 2,5 hingga 3 milyar tahun mendatang, temperatur matahari akan naik hingga semua air yang ada di Bumi mencapai titik didih. Dalam 4 hingga 5 milyar tahun, Bumi akan Iebih buruk dari Venus, di mana tak ada air dan seluruh permukaannya meleleh. 

Nantinya, matahari masih akan berevolusi menjadi bintang merah raksasa yang jangankan Bumi, galaksi Bima Sakti pun tak akan bertahan. Akhirnya, ketika semua bahan bakarnya habis dan terlontar ke antariksa, inti matahari akan mengendap ke tahap akhir evolusinya menjadi bintang kerdil putih. 

Di tahap ini, energi tak Iagi dihasilkan meski sejumlah besar panas masih tersimpan. Dari sini, matahari akan mendingin dalam periode waktu yang lambat. Demikian dilansir laman merdeka.com, 15 Februari 2019.