Peneliti Mencoba Menghitung Umur Bumi, Begini Perkiraannya

Peneliti Mencoba Menghitung Umur Bumi, Begini Perkiraannya

17 Februari 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Peneliti memperkirakan umur Bumi mencapai 4,54 miliar tahun. Sementara usia semesta sendiri diperkirakan berusia 13,8 miliar tahun. 

Peneliti memperkirakan umur Bumi mencapai 4,54 miliar tahun dengan margin error 50 miliar tahun. Sebagai perbandingan, galaksi Bima Sakti tempat tata surya berusia sekitar 13,2 miliar tahun atau tiga kali lebih tua dari usia tata surya dan Bumi. Sementara usia semesta sendiri diperkirakan berusia 13,8 miliar tahun. 

Angka ini didapat dari hasil penggabungan penelitian di Bumi dan luar angkasa. Usaha penelitian umur Bumi sendiri telah berlangsung sejak 400 tahun lalu. Namun, usaha untuk mengukur umur Bumi ini tidak mudah. Baru pada 1953 peneliti berhasil menyimpulkan umur Bumi yang ada di angka 4,54 miliar tahun itu. 

Sebelumnya, mereka sempat berusaha menentukan umur Bumi dari perubahan tinggi permukaan laut, kadar garam air laut, dan dengan mengukur temperatur dari perhitungan waktu yang dibutuhkan Bumi atau Matahari menjadi dingin. Tapi dengan teknologi yang ada, metode pengukuran ini ternyata tidak tepat. Sebab perubahan permukaan Iaut ternyata adalah proses yang terus berubah alih-alih terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun. 

Mereka lantas mencoba mengukur umur Bumi dari meneliti batuan-batuan tertua di Bumi, hingga mencari data batuan di Bulan dan meteorit yang mendarat di Bumi. 

Loading...

Tapi, penelitian batuan punya kesulitannya sendiri, sebab, pelat tektonik Bumi terus bergerak. Hal ini membuat batuan pun terus terbaharui. Sehingga batuan pertama pun nyaris sulit untuk ditemukan, karena mereka telah terdaur ulang, meleleh, dan terbentuk menjadi batuan baru. 

Ketika mereka mencoba mengamati Iapisan batuan Bumi, ada kendala lain yang disebut Great Unconformity (Ketidakcocokan Besar). Para ahli menemukan Iapisan batuan Bumi seperti di Grand Canyon misalnya, tidak tersusun sesuai urutan waktu. Lapisan batuan di ngarai yang sangat dalam itu kehilangan batuan berumur 1,2 miliar tahun. 

Demikian seperti dilansir laman cnnindonesia.com, 11 Februari 2019.