Banjir di Indragiri Hulu Akhir Pekan Ini, Warga Enggan Mengungsi

Banjir di Indragiri Hulu Akhir Pekan Ini, Warga Enggan Mengungsi

14 November 2021
Lokasi banjir di Inhu

Lokasi banjir di Inhu

RIAU1.COM - Dua desa di wilayah kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dikabarkan  terendam banjir hingga setinggi 1 meter di akhir pekan ini.

"Hujan deras terjadi beberapa hari terakhir, 2 desa di Batang Gansal terendam," kata Kapolsek Batang Gansal, Ipda Nadya Ayu akhir pekan ini.

Kapolsek mengatakan, banjir merendam dua desa, yakni Belimbing dan Penyaguhan di Kecamatan Batang Gansal. Selain curah hujan tinggi, banjir terjadi akibat luapan air di sungai Gansal.

"Air sungai Gansal naik sekitar 50-100 Cm. Bahkan ada yang melebihi 1 meter untuk beberapa lokasi," kata Kapolsek.

Adapun Desa Belimbing tercatat air tidak sampai merendam rumah warga. Tetapi akses menuju desa putus total dan tidak dapat dilalui kendaraan.

Kemudian di Desa Penyaguhan terdapat 170 rumah dan fasilitas umum terendam banjir. Di desa itu, ketinggian air berkisar antara 20-80 cm.

"Untuk ke Belimbing itu akses putus, ada sekitar 250 an kepala keluarga di daerah itu. Dari dua desa ini yang terdampak ada sekitar 350 kepala keluarga dan air juga ada yang sudah mulai surut," katanya.

Dalam tinjauannya sore ini, Kapolsek telah mengimbau masyarakat untuk memantau anak-anak mereka. Termasuk ikut menjaga barang-barang di rumah yang terendam.

"Memang sejauh ini belum ada warga yang mengungsi, masih bertahan. Kami imbau tetap berhati-hati dan tadi sudah ada juga kita bantu evakuasi barang-barang warga yang terdampak banjir," tukasnya*