Kades Samiun Ucapkan Terimakasih Atas Kepedulian Brigadir Malindo Kepada Warganya

Kades Samiun Ucapkan Terimakasih Atas Kepedulian Brigadir Malindo Kepada Warganya

13 Maret 2021
Brigadir bantu warga

Brigadir bantu warga

RIAU1.COM -Melihat anggota Polres Inhu Polda Riau, Brigadir Malindo yang berjiwa sosial tinggi berkaitan dengan masyarakat karena mau peduli untuk mengurusi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kades Dusun Tua, Kecamatan Kelayang, Samiun mengucapkan terimasih kepada Polri, selain menjaga keamanan warga juga mempunyai jiwa sosia tinggi.
Seperti baru saja tsrjadi, Brigadir Malindo SE sukses membujuk dan menjinakan warga Desa Dusun Tua, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Inhu yang menderita gangguan kejiwaan bernama Rahayu. Keseharian Rahayu di kurung di rumah selama tiga tahun dan tidak pernah di mandikan karena warga takut untuk mendekat. 

"Kepedulian Brigadir Malindo patut di acungi jempol. Saya selaku Kepala Desa Dusun Tua mengucapkan terima kasih. Karena sudah peduli kepada warga kami. Yang mana, sudah hampir 3 tahun terakhir ini Rahayu di kurung. Kami tidak tahu persis alasannya kenapa Rahayu harus di kurung seperti itu. Kabarnya jika Rahayu di lepas akan mengamuk dan bisa berbuat apa saja yang dapat membahayakan orang lain," kata Samiun, Sabtu 13 Maret 2021.

Selain membebaskan Rahayu, lanjut Samiun, Malindo juga membersihkan Rahayu dengan memandikannya serta mencukur rambut Rahayu yang gimbal serta di pakaikan pakaian layak pakai.
"Saya dan pihak keluarga Rahayu bingung mau berbuat apa. Karena melihat kondisi yang seperti itu. Bukan kami tidak peduli tapi hal ini perlu dapat perhatian khusus dalam menangani nya," tambah Samiun.

Samiun berharap kepada pemerintah kabupaten Indragiri Hulu melalui Dinas Sosial agar memperhatikan nasib ODGJ seperti Rahayu. Mungkin di luar sana masih banyak ODGJ dan bahkan ada yang berkeliaran.

"Kami berharap kepada instansi terkait agar cepat tanggap dan mau memberikan perhatian khusus dan tempat membina bagi orang-orang yang terkena gangguan jiwa. Mengapa hal seperti ini harus polisi yang bertindak," ujarnya.

Sementara itu, Brigadir Malindo kepada awak media mengatakan, bahwa kegiatan sosial seperti ini sudah beberapa kali dia lakukan. Bahkan istrinya juga mendukung.
Malindo mengaku merasa mempunyai kepuasan sendiri saat membantu orang-orang seperti Rahayu. 

"Ini semua saya lakukan murni dari hati saya paling dalam. Mereka juga butuh perhatian, hanya saja beda cara. Saya yakin orang yang terdampak gangguan jiwa juga butuh perhatian serta kasih kasih sayang," kata dia.

Dia merasa yakin jika Rahayu bisa di sembuhkan. Dan Rayahu harus di perhatikan seperti manusia normal walau prosedurnya sedikit berbeda.