Personel BPBD Inhu dan Tim Terpadu Berjaga di Lokasi Karhutla

Personel BPBD Inhu dan Tim Terpadu Berjaga di Lokasi Karhutla

3 Maret 2021
Tim padamkan api

Tim padamkan api

RIAU1.COM -Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian mengatakan bahwa sampai saat ini tim terpadu penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Inhu masih berada di lokasi Karhutla.
Personel tim terpadu saat ini masih melakukan pemadaman di lokasi Karhutla di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu, Riau dalam sepekan terakhir ini.

"Titik api saat ini berada di Desa Tanjung Sari. Kalau yang di Desa Kuala Mulya sudah tuntas kemarin. Saat ini kita bersama tim masih melakukan pendinginan. Karena masih ada asap yang timbul dan lahan gambutnya dalam. Disamping itu juga kita masih berjaga-jaga agar api tidak menyebar," terang Ergusfian kepada media ini, Rabu 3 Maret 2021.

Selain itu, kata Ergusfian, tim masih terus melakukan patroli rutin bersama dan di bantu masyarakat sekitar.

"Wilayah yang terbakar itu lebih meluasnya ke wilayah Kabupaten Indragiri Hilir. Sebab, Desa Tanjung Sari berbatasan dengan Desa Rabit dan Desa Pulau Tiga, Kecamatan Tembilahan," jelasnya.

Luas wilayah Kabupaten Inhu yang terbakar seluas lima hektar. Hal itu di sebabkan karakter gambut yang cukup tebal dan apabila angin bertiup kencang mengeluatkan asap kembali.

"Oleh karena itu iita lakukan pendinginan. Untuk ketersediaan air masih cukup. Kendati jarak tempuh menuju ke lokasi sumber airnya lumayan jauh. Dari penyeberangan kita menggunakan kenderaan roda dua. Kemarin saya bersama anggota turun ke lokasi," katanya.
Ergusfian menambahkan, bahwa sejak Februari 2021 telah terjadi kebakaran lahan di beberapa titik, seperti di Desa Talang Jerinjing l, Kecamatan Rengat Barat seluas dua hektar dan api sudah di padamkan.

Sementara di Desa Kuala Mulya, Kecamatan Kuala Cenaku seluas tiga hektar sudah dapat di padamkan. Sedangkan di Desa Tanjung Sari seluas lima hektar sampai saat ini masih di lakukan pendinginan.