Sosialisasi Cegah Karhutla, BJC Inhu Jajal Trek Batang Gansal dan Batang Cenaku

Sosialisasi Cegah Karhutla, BJC Inhu Jajal Trek Batang Gansal dan Batang Cenaku

22 Februari 2021
Sosialisasi karhutal

Sosialisasi karhutal

RIAU1.COM -Seperti biasanya, setiap hari libur, komunitas offroad Bhayangkara Jip Community (BJC) Inhu, Riau menyalurkan hobi sekaligus menggelar bhakti sosial, kali ini BJC Inhu mengarungi dua kecamatan, yakni Kecamatan Batang Gansal dan Batang Cenaku. Namun kali ini agak berbeda, selain menyalurkan hobby Offroad juga melaksanakan kegiatan bakti sosial, BJC Inhu juga menggelar sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sepanjang rute yang rawan Karhutla.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.I.K selaku pembina utama dan perintis BJC Inhu di dampingi Plh Bupati Inhu H Hendrizal M.Si, Ketua BJC Inhu Ipda Baharudin DM dan Direktur PT Swakarsa Sawit Raya (SSR) Hendri Endy yang juga salah seorang pembina BJC Inhu disela-sela kegiatan, Ahad 21 Februari 2021 mengatakan, sesuai komitmen serta visi dan misi BJC Inhu yang memprioritaskan kegiatan bhakti sosial sebagai program handalan BJC Inhu, maka setiap kali BJC Inhu turun, tetap membawa dan menyalurkan bantuan pada masyarakat kurang mampu.

"Bantuan yang kita salurkan itu berupa 50 karung beras, titik penyaluran kita fokuskan untuk masyarakat kurang mampu dipedalaman Desa Pajangki Kecamatan Batang Cenaku," kata Efrizal.

Selain melaksanakan bhakti sosial, lanjut Efrizal, sepanjang perjalan dan pada setiap titik yang di singgahi BJC Inhu, di lakukan sosialisasi dan imbauan untuk mengantisipasi Karhutla. Mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau dan minimnya intensitas hujan diwilayah Inhu.

"Jika musim kemarau, sangat rawan terjadinya Karhutla, ujarnya.
BJC Inhu juga memberikan pemahaman serta edukasi pasa masyarakat tentang dampak dan akibat jika membersihkan lahan dengan cara membakar dan sekaligus konsekuensi hukum terhadap pelaku Karhutla.

"Masih banyak masyarakat dipedalaman yang belum mengetahui resiko, dampak dan ancaman hukuman bagi pembakar hutan atau lahan," tandasnya.

Namun, kata Efrizal, setelah di berikan pemahaman dan sosialisasi untuk tidak membakar lahan atau hutan, masyarakat bisa menerima dan memahami himbauan tersebut, masyarakat berjanji tidak akan membakar hutan maupun lahan yang akan mereka garap.

Loading...

Bahkan, setiap titik yang dianggap rawan Karhutla dipasangi spanduk himbauan untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Sebagaimana di ketahui pada Sabtu 20 Februari 2021 pagi, rombongan BJC Inhu dipimpin Kapolres Inhu bertolak dari kota Rengat melewati Jalan Lintas Timur menuju Kecamatan Batang Gansal.

Rombongan bergerak dari Batang Gansal dengan mengendarai puluhan mobil offroad mulai menjajaki medan jalan yang menantang adrenalin.

Karena sudah malam, rombongan beristirahat di perjalanan dengan mendirikan tenda ke esokan harinya.

Petualangan di mulai lagi, hingga akhirnya tiba di Desa Pejangki Kecamatan Batang Cenaku. Kemudian di lakukan penyerahan bantuan beras pada masyarakat kurang mampu.