Bupati Yopi Arianto Buka TMMD ke-109 Tahun 2020 di Inhu

Bupati Yopi Arianto Buka TMMD ke-109 Tahun 2020 di Inhu

22 September 2020
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Kasrem 031/WB Kolonel Inf Junaidi SE MSi menandatangani pelaksanaan program TMMD ke-109 tahun 2020

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Kasrem 031/WB Kolonel Inf Junaidi SE MSi menandatangani pelaksanaan program TMMD ke-109 tahun 2020

RIAU1.COM - Bupati Inhu H Yopi Arianto SEsecara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 di Kabupaten Inhu, Riau, Selasa 22 September 2020. Acara pembukaan digelar di aula terbuka Makodim 0302/Inhu Jalan R Soeprapto Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat itu dihadiri Kepala Staf Resor Militer (Kasrem) 031/WB Kolonel Inf Junaidi M SE MSi, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rengat Melinda Aritonang SH, Ketua Pengadilan Agama (PA) Syafri SH, Wakil Ketua II DPRD Inhu Suwardi Ritonga SE, Plt Kajari Inhu Furqon Syah Lubis SH MH, Kabag Ren Polres Inhu Kompol Suryadi, Camat Kuala Cenaku R Muhammad Arif S.Sos dan tamu undangan lainnya.

Usai mendengarkan laporan dari Dan Satgas TMMD ke-109 tahun 2020 oleh Lerkol Czi Eko Supri Setiawan S.Sos M Han (Dandim 0302/Inhu), dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bupati Inhu H Yopi Arianto SE dan sekaligus membuka TMMD ke-109 tahun 2020.

Dalam sambutannya, Bupati Yopi mengatakan, bahwa koperasi bhakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud, salah satunya program TMMD, dengan kriteria sasaran berupa daerah miskin, tertinggal, terisolir, terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan, pulau terluar dan daerah terken bencana alam.

Program TMMD merupakan bhakti TNI AD bersama Kementrian PDT Transmigrasi dan Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat, sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan wilayah serta perwujudan komitmen moral TNI AD dan pemerintah kepada rakyat, untuk meningkatkan kesejateraan dan kemajuan masyarakat.

"Program TMMD secara rutin dilaksanakan setiap tahun telah banyak di rasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya kita bersama didalam percepatan dan pemerataan pembangunan. Disamping itu program TMMD ini merupaka salah satu program pemberdayaan masyarakat yang bergizi dengan prorgam-program pemerintah, baik pusat maupun daerah. Terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat diwilayah pedesaan," terang Bupati Yopi.

Bupati Yopi berharap agar masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD dapat mendukung sepenuhnya. Agar tujuan dan sasaran yang di inginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal, sesuai dengan harapan masyarakat.

"Saya berharap apa yang di hasilkan dalam program teknik ini dapat berguna dan di manfaatkan untuk kepentingan kita bersama," ucap Yopi.

Dalam dari pada itu, sambutan Danrem 031/WB yang disampaikan oleh Kasrem Kolonel Inf Junaidi M MSi menegaskan, bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, melalui program secara berkesinambungan.

Selain itu juga diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang warnanya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara dalam upaya melestarikan nilai sejarah.

Terutama nilai kemanunggalan TNI dan Rakyat, juga merupakan salah satu bentuk pengabdian dalam mendukung terwujudnya pertahanan negara yang tangguh di daerah.

"Pelaksanaan TMMD ke-109 ini memiliki dua sasaran, yakni fisik dan non fisik didua kecamatan, yang berada di Kecamatan Kuala Cenaku dan Batang Cenaku,  berupa pembukaan jalan dan semenisasi jalan yang dibutuhkan masyarakat didaerah tersebut,," kata Junaidi.

Sedangkan secara non fisik berupa penyuluhan tentang Bela Negara, Bahaya Covid-19, Pertanian, Narkoba, Paham Radikal, Hukum serta Pejutaran Film Patriotisme.

"Dengan telah ditetapkan pada program TMMD ke-109 tahun 2020 ini, dan semua yang saya sebutkan diatas dapat memperoleh hasil. Sehingga dapat membantu tugas pemerintah," tutup Kasrem.