Zikir dan Istighotsah Bulan Muharram Diharap Jadi Spirit Masyarakat Inhil

Zikir dan Istighotsah Bulan Muharram Diharap Jadi Spirit Masyarakat Inhil

29 Juli 2023
Zikir dan Istighotsah masyarakat Indragiri Hilir

Zikir dan Istighotsah masyarakat Indragiri Hilir

RIAU1.COM - Momentum dzikir dan istighotsah gema Muharram 1445 Hijriyah kata Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy menjadi spirit bagi kaum muslimin untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. 

"Dzikir dan istighotsah ini juga sebagai salah satu wahana untuk dapat lebih memahami dan menghayati maknanya bagi kehidupan kita di masa kini maupun masa yang akan datang, baik selaku insan hamba Tuhan maupun selaku insan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Masrul Kasmy saat mewakili Gubernur Riau Syamsuar pada kegiatan dzikir dan istighotsah kegiatan wisata religi gema Muharram 1445 H di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir akhir pekan ini.

Melalui momentum dzikir dan istighotsah di Bulan Muharram 1445 Hijriyah ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan amal ibadah dan ketakwaaan kepada Allah SWT.

Ia menjelaskan, bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia (haram) dalam Islam. Dengan momen tahun baru Islam, sudah selayaknya diisi dengan amalan ibadah dan kegiatan positif yang mendatangkan pahala. 

"Oleh sebab itu, kita sebagai umat muslim diminta untuk membuka lembaran baru, berdo’a supaya lebih baik lagi. Tentunya agar bisa lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta," jelasnya. 

"Mudah-mudahan dengan menyemarakkan event wisata religi Gema Muharram 1445 Hijriyah ini, dapat memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita selaku umat Islam kepada Allah dan kita mengharapkan agar bangsa kita terhindar dari marabahaya dan bencana," harapnya. 

Dalam event Gema Muharram 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir juga menggelar bazar, lomba tabak telur antara pelajar dan instansi dan kegiatan keagamaan lainnya.*