Petani di Inhil Diingatkan Tidak Jual Padi ke Luar Daerah

5 Juni 2024
Pj Bupati Inhil tinjau gudang penggilingan padi

Pj Bupati Inhil tinjau gudang penggilingan padi

RIAU1.COM - Pj. Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Herman beserta rombongan meninjau gudang penggilingan padi masyarakat yang dikelola Gapoktan Bina Tani, Desa Seberang Pembenaan, Kecamatan Keritang.

Pj. Bupati Herman mendapat penjelasan dari pengurus Gapoktan Bina Tani terkait lumbung pangan yang dikelola secara swakelola oleh kelompok Gapoktan Bina Tani.

Pj. Bupati berharap kepada pengelola Gapoktan Bina Tani, agar lumbung pangan dan penggilingan padi ini betul-betul dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani dan anggota kelompok.

"Pengolahan ricemilling tergolong bagus, memiliki mesin yang canggih dengan hasil produksi rata-rata dalam satu hari mampu menghasilkan 7 ton beras dengan hasil premium. Kedepan ricemilling ini juga akan memproduksi tepung beras," kata Pj Bupati Herman.

Dengan penggunaan alat yang cukup canggih tersebut, diharapkan hasil panen para petani dapat sepenuhnya dinikmati masyarakat kabupaten Indragiri Hilir, dan tidak lagi di jual keluar daerah, sekaligus mendukung swasembada pangan.

“langkah pertama kedepan kita akan membuat himbauan sekaligus surat edaran kepada seluruh PNS dilingkungan Pemda Inhil untuk membeli beras dari hasil petani kita dengan harga yang sesuai di pasaran. Hal tersebut  bisa menyejahterakan petani yang ada di daerah kita sendiri,” pungkasnya.*