Optimalkan Ekspor Kelapa, Pejabat Kemenko Marvels Tinjau Pelabuhan Parit 21 Tembilahan

Optimalkan Ekspor Kelapa, Pejabat Kemenko Marvels Tinjau Pelabuhan Parit 21 Tembilahan

30 Juli 2024
Rombongan pejabat Kememko Marvels dan Pj Bupati Inhil tinjau Pelabuan Parit 21

Rombongan pejabat Kememko Marvels dan Pj Bupati Inhil tinjau Pelabuan Parit 21

RIAU1.COM - Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI, Nani Hendriarti melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) awal pekan ini.

Dalam kunkernya ini, rombongan Kemenkomarves meninjau Pelabuhan Parit 21 yang di dampingi langsung Pj Bupati Inhil, H. Herman, beserta OPD terkait.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI, Nani Hendriarti, mengatakan, kunjungan kerja ke Kabupaten Indragiri Hilir dalam rangka untuk melihat langsung potensi kelapa di Indragiri Hilir, hal ini terkait dengan pemberlakukan protokol ekspor kelapa butiran atau kelapa segar.

“Kita sedang mengumpulkan data-data yang akan kita bahas bersama, dan nantinya akan kita followup bagaimana membuat satu perencanaan yang terintegrasi untuk meningkatkan atau mengoptimalkan sumber daya yang yang dimiliki oleh Kabupaten Indragiri Hilir untuk bisa dimanfaatkan lebih baik lagi, khusunya Pelabuhan Parit 21 ini,"kata Nani.

Sementara itu Pj. Bupati Inhil H. Herman menmbahkan, kedatangan Deputi dari Kementerian Maritim dan Investasi ini merupakan survei awal untuk melihat potensi kelapa segar di Indragiri Hilir.

"Dan kalau permintaan kelapa segar atau kelapa muda ini direspon dengan cepat, maka akan di ekspor langsung ke Cina melalui pelabuhan Parit 21 ini," sebut Pj Herman.*