Nama Pj Bupati Inhil Dicatut untuk Penipuan, Janjikan Jabatan pada Korban

Nama Pj Bupati Inhil Dicatut untuk Penipuan, Janjikan Jabatan pada Korban

25 Agustus 2024
Ilustrasi/Reuters

Ilustrasi/Reuters

RIAU1.COM - Ditemukan akun media sosial Facebook mengatasnamakan Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H. Erisman Yahya, dengan nama akun Haji Erisman Yahya Se. 

Akun tersebut diketahui telah mengirimkan pesan ke beberapa korban, di antaranya Kepala Sekolah SDN 002 Sungai Salak, Evi Damayanti. Dalam pesan tersebut, pelaku menjanjikan jabatan kepada korban.

"Kami sangat menyesalkan adanya akun palsu ini. Kami ingin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan tawaran dari akun-akun yang mengatasnamakan pejabat," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik Inhil, Dr Trio Beni Putra.

Menurut Trio, modus operandi dari pelaku akun palsu ini adalah menawarkan jabatan atau kesempatan kerja kepada korban. Hal ini dilakukan untuk menipu dan mendapatkan keuntungan pribadi. Pihaknya sangat menyayangkan adanya kasus penipuan melalui media sosial yang mengatasnamakan pejabat daerah.

"Kami imbau masyarakat agar berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan tawaran-tawaran yang datang dari akun-akun palsu. Segera laporkan kepada kami jika menemukan kasus serupa, agar dapat segera ditindaklanjuti," ujar Trio.

Masyarakat diminta waspada dan tidak mudah tergiur dengan tawaran menggiurkan dari akun-akun palsu yang mengatasnamakan pejabat. 

"Jika menemukan kasus serupa, segera laporkan kepada pihak yang berwenang untuk ditindaklanjuti,"tukasnya.*