Kerugian Akibat Abrasi di Parit 4 dan 6 Tembilahan Capai Rp2,5 Miliar

Kerugian Akibat Abrasi di Parit 4 dan 6 Tembilahan Capai Rp2,5 Miliar

9 Juli 2024
Bangunan terdampak abrasi di Parit 5 dan 6 Tembilahan

Bangunan terdampak abrasi di Parit 5 dan 6 Tembilahan

RIAU1.COM - Kembali terjadi abrasi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Dilaporkan sejumlah rumah yang berada di daerah aliran Sungai Indragiri, Parit 05 dan 06 Kelurahan Tembilahan Barat, ambruk diterjang longsor, Senin (8/7).

"Sejumlah rumah warga mengalami rusak karena diterjang abrasi. Sejumlah juga kendaraan rusak," kata Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan.

Lalu Budi menjelaskan, peristiwa terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Ketika itu, saksi Kasta Lane melihat tiang listrik yang berada di Jalan Provinsi bergerak dengan kuat. Setelah didekati ternyata warga telah berlarian keluar rumah.

Kemudian, warga meminta tolong kepada ketua RT setempat. "Kita juga mengimbau warga untuk keluar dari rumah dan menyingkir dari lokasi," ujar Budi.

Beberapa detik kemudian, tanah dan rumah warga ambruk dan rata dengan air sungai. Lalu, longsor menghantam kafe milik Tarmizi, Helmi dan  Siti. Kafe itu ambruk ke dalam sungai.

Mendapat informasi itu, Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki, memerintahkan personel untuk mengamankan lokasi dan mengatur arus lalu lintas agar menjadi satu arah. 

Korban longsur dievakuasi. Kejadian ini mengakibatkan kerugian materil ditaksir mencapai Rp2,5 milliar.

"Personel membantu mengamankan barang-barang yang ditinggalkan warga di lokasi kejadian. Di sana juga dibuat pos pengamanan," pungkas Budi.*