Inhil dan Rohil Dilanda Malaria, Kemenkes akan Kirim Ribuan Dosis Obat

10 Oktober 2024
Penanganan Malaria di Inhil

Penanganan Malaria di Inhil

RIAU1.COM - Sebanyak 6 ribu dosis obat Dihydroartemisinin-Piperaquine (DHP) akan dikirim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

Di antara dosis yang akan dikirim tersebut juga akan dibagikan ke Rokan Hilir (Rohil). Pengiriman ribuan dosis tersebut untuk menanggulangi wabah malaria yang terjadi Riau khususnya di dua daerah tersebut. 

Seperti itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kadiskes Riau melalui Musfardi Rustam, selaku Penanggung Jawab Penyakit Malaria yang juga Fungsional Epidemiologi Madya dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kamis (10/10/24). 

"Kita akan mengirimkan lebih dari 6.000 dosis DHP ke Inhil dan Rohil untuk pengobatan pasien yang terdeteksi malaria," sebut Musfardi Rustam.

Selain dosis DHP, Kemenkes juga juga akan menyediakan cairan Insektisida untuk membasmi larva nyamuk penyebab penyakit malaria. Diharapkan, penyebaran penyakit malaria di dua daerah tersebut bisa segera diatasi. 

Selain distribusi obat, pihak Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan kabupaten terkait telah memperkuat kesiagaan mereka dalam menangani potensi lonjakan kasus malaria. Tim medis lokal telah disiapkan untuk memberikan pengobatan dan mencegah penularan lebih lanjut.*