Evaluasi Program Kabupaten Sehat, Berikut Penekanan Pj Bupati Inhil

3 Oktober 2024
Pj Bupati Inhil, Erisman Yahya

Pj Bupati Inhil, Erisman Yahya

RIAU1.COM - Rapat evaluasi penyelenggaraan Kabupaten Sehat dibuka Penjabat (PJ) Bupati Indragiri Hilir, Erisman Yahya.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD), tim pembina kabupaten sehat, dan tamu undangan lainnya.

Erisman Yahya menekankan pentingnya konsep Kabupaten Sehat, yaitu suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni oleh penduduk.

"Yang dicapai melalui penerapan berbagai kegiatan dalam tatanan yang terintegrasi dan disepakati bersama antara masyarakat dan pemerintah daerah," kata dia.

Penyelenggaraan ini, sambung dia, didasarkan pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, serta Rancangan Peraturan Presiden tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

"Evaluasi ini adalah momen yang sangat penting untuk melihat pencapaian yang sudah diraih di semester pertama tahun 2024, serta tantangan yang dihadapi ke depan. Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan, tetapi melibatkan kolaborasi lintas sektor dan seluruh elemen masyarakat,” sebut Erisman Yahya.

Rapat evaluasi ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan program yang telah dijalankan serta merumuskan langkah-langkah strategis yang akan diterapkan pada semester kedua tahun 2024. Fokus utama dalam pertemuan ini meliputi peningkatan kualitas sanitasi, kesehatan lingkungan, dan akses terhadap fasilitas kesehatan yang layak.*