Dieksploitasi, Ekosistem Mangrove di Indragiri Hilir Rusak

Dieksploitasi, Ekosistem Mangrove di Indragiri Hilir Rusak

25 Juli 2024
Peserta FGD Tata Kelola Dan Rehabilitasi Mangrove di Indragiri Hilir

Peserta FGD Tata Kelola Dan Rehabilitasi Mangrove di Indragiri Hilir

RIAU1.COM - Asisten Administrasi Umum Setdakab Indragiri Hilir (Inhil), Fajar Husin membuka focus group discussion (FGD) Tata Kelola Dan Rehabilitasi Mangrove pertengahan pekan ini.

Dalam FGD ini menghadirkan Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Ir. Gatot Subiantoro, serta di ikuti oleh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta Kepala Kelompok Kerja Rehabilitasi Mangrove Wilayah Sumatera dan undangan lainnya.

"Keberadaan mangrove secara tidak langsung dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat, namun saat ini telah terjadi kerusakan ekosistem mangrove di kabupaten Indragiri Hilir, di antaranya disebabkan oleh perubahan iklim dan eksploitasi mangrove terus menerus untuk kontruksi bangunan,"kata Asisten Administrasi Umum Setdakab Inhil, Fajar Husin.

Sebab itu, sambung dia, harus ada upaya untuk mencegah agar ekosistem mangrove tetap terjaga dan lestari serta terus memberi manfaat bagi masyarakat. 

"Salah satu upaya yang bisa kita lakukan saat ini adalah melalui sosialisasi dan diskusi seperti focus group discussion strategi rehabilitasi mangrove kabupaten indragiri hilir yang kita laksanakan pada hari ini,"tutur dia.

Kemudian, dia juga mengajak pihak terkait untuk terus melakukan upaya untuk rehabilitasi ekosistem mangrove.

"Dengan harapan akan mengembalikan keberadaan vegetasi mangrove di daerah pesisir,"tuturnya lagi.*