Bappenas Jadikan Perkebunan Kelapa di Inhil Lokus Roadmap Hilirisasi

30 Agustus 2024
Usai pertemuan Pj Bupati Inhil Erisman Yahya dan rombongan dengan Staf Ahli Bappenas RI

Usai pertemuan Pj Bupati Inhil Erisman Yahya dan rombongan dengan Staf Ahli Bappenas RI

RIAU1.COM - Pj Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H. Erisman Yahya mengadakan pertemuan dengan Staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur, Bappenas RI, Leonardo Adypurnama belum lama ini.

Dalam pertemuan tersebut, Pj Bupati H. Erisman Yahya menyampaikan potensi-potensi perkebunan kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir.

Apa yang disampaikan Pj Bupati H. Erisman Yahya mendapat dukungan dari Staf Ahli Bappenas RI, Leonardo Adypurnama.

“Pada saat ini Bappenas RI sedang menyusun roadmap atau peta jalan hilirisasi kelapa yang mana Inhil dan Provinsi Riau menjadi salah satu lokusnya, yang akan kita launching pada Minggu ke 4 September ini,” katanya.

Setelah pertemuan, Pj Bupati H. Erisman mengatakan, roadmap atau peta jalan hilirisasi kelapa di Inhil ini merupakan momentum bagi Kabupaten Indragiri Hilir.

“Dengan adanya roadmap ini, kita berharap kedepan perekonomian terkait perkelapaan di Inhil kembali bergairah karena akan banyak inovasi-inovasi baru terkait hilirisasi,” ujar H. Erisman.

Selama ini, sambung dia, Inhil hanya bergantung pada komoditi dan hilirisasi kita sangat terbatas. Dengan adanya penyusunan roadmap hilirisasi ini, kedepan kita juga berharap akan semakin banyak produk-produk turunan dari kelapa.

“100 persen kelapa itu tidak boleh ada yang terbuang, semuanya bernilai ekonomi dan bernilai uang. Kedepannya kita coba kembangkan sehingga kita harapkan secara bertahap perekonomian masyarakat inhil yang banyak petani kelapa bisa kembali meningkat,” tegas Pj Bupati.*