Raih Badan Publik Cukup Informatif, Bupati Inhil Instruksikan Seluruh OPD Publikasikan Hasil Kerja

Raih Badan Publik Cukup Informatif, Bupati Inhil Instruksikan Seluruh OPD Publikasikan Hasil Kerja

30 November 2019
Bupati Inhil saat menerima piagam penghargaan KI Riau 2019

Bupati Inhil saat menerima piagam penghargaan KI Riau 2019

RIAU1.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menerima penganugerahan Komisi Informasi (KI) Riau Award Tahun 2019, Kamis 28 November 2019 lalu. 

Penghargaan tersebut diberikan setelah Pemerintah Kabupaten Inhil dinilai cakap sebagai badan publik dengan kategori Cukup Informatif oleh KI Provinsi Riau.

Bupati Inhil, HM Wardan mengaku bersyukur atas anugerah KI Riau tersebut dan berharap akan menjadi motivasi untuk meningkatkan keterbukaan informasi terutama dalan segi pelayanan publik.

"Ini menjadi daya dorong untuk lebih meningkatkan keterbukaan informasi publik dalam rangka penyebarluasan informasi kepada masyarakat," ujarnya.

Menurut Bupati, tidak semua kabupaten/kota berhasil meraih penghargaan tahunan yang cukup prestisius dari KI Provinsi Riau itu sehingga Pemkab Inhil akan terus berupaya untuk dapat terus meningkatkan pencapaian sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Inhil dan badan publik lainnya untuk saling bersinergi melaksanakan tugas. Sebarluaskan tugas tersebut sehingga hasil yang dilaksanakan bisa diketahui publik," pinta Bupati.

Loading...

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Zufra Irwan yang menyerahkan secara langsung penghargaan KI Riau Award Tahun 2019 kepada Bupati Inhil mengungkapkan, sejumlah aspek penilaian positif Pemkab Inhil sehingga mampu meraih penghargaan itu.

Dijelaskannya, beberapa kriteria sebagai peraih penghargaan telah dipenuhi oleh Pemkab Inhil seperti tata kelola informasi publik, PPID utama, sistem layanan serta SDM dan infrastruktur yang memadai.

"Kekurangannya hanya berada pada PPID pembantu yang berada di instansi atau OPD, perlu meningkatkan lagi kualitas dan kuantitasnya sehingga dapat patuh dalam pengisian daftar informasi publik," tukas Zufra Irwan.

Selain Pemerintah Kabupaten Inhil, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dan Pemerintah Kota Pekanbaru juga berhasil meraih KI Riau Award Tahun 2019 dengan predikat "Cukup Informatif".