Tiga Negara Meriahkan Festival Bumi Sri Gemilang 2019 di Tembilahan

Tiga Negara Meriahkan Festival Bumi Sri Gemilang 2019 di Tembilahan

17 November 2019
Penampilan tari seni dan kreasi di Kabupaten Inhil

Penampilan tari seni dan kreasi di Kabupaten Inhil

RIAU1.COM - Pemkab Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil, kembali menggelar  Festival Bumi Sri Gemilang ke XV tahun 2019 di Tembilahan. 

Kegiatan yang bertajuk seni serumpun ini, menghadirkan penampilan seni dari Tiga negara, yakni Indonesia sebagai tuan rumah, juga dihadiri perwakilan Singapura dan Malaysia.

"Kegiatan ini akan menampilkan berbagai macam kesenian, baik dalam maupun luar negeri. Ada Sanggar Era Dance Theatre Ltd dari Singapura dan Sanggar Asbari Dance Theatre Universitas Malaya, Kuala Lumpur Malaysia," ujar Kadis Parporabud Inhil, Junaidy Ismail.

Selain itu, Festival Bumi Sri Gemilang kali ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan-penampilan seni dari provinsi tetangga seperti, Sanggar Anak Negeri Kota Jambi dari Provinsi Jambi, Sanggar Antropologi Universitas Malikussaleh Nangroe Aceh Darussalam, Sanggar Sedulang Setudung Kabupaten Banyu Asin Sumatera Selatan.

Ada juga penampilan dari Lembaga Kesenian Bunga Tanjung Deli Serdang Sumatera Utara, Sanggar Pelangi Budaya Studio Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Sanggar FH Art Community Padang Panjang Sumatera Barat, sedangkan khusus sanggar yang ada di Inhil akan tampil Sangar Tiga Dara, Sanggar Citra Sebati dan Sri Gemilang.

Loading...

"Ini sudah digelar sejak tahun 2004 silam. Kali ini yang ke XV dan ditaja sejak tanggal 11 sampai 17 November 2019 nanti," lanjut Kadisparporabud Inhil.

Dalam festival kali ini, panitia juga akan menampilkan tari persembahan tingkat SD se Inhil,  penampilan tari kreasi tingkat SMP dan SMA se Inhil serta penampilan lomba tari dan lagu dangdut melayu dengan total hadiah Rp.19 juta.

"Kita harapkan even yang digelar ini, selain dapat menjadi wadah sanggar-sanggar seni yang ada di Inhil dalam berekspresi juga dapat sebagai pembelajaran dengan datangnya sanggar-sanggar seni dari luar," tandas Junaidy.