300 Putra Putri Negeri Seribu Jembatan Ikuti Bujang Dara Inhil 2019

300 Putra Putri Negeri Seribu Jembatan Ikuti Bujang Dara Inhil 2019

25 Juli 2019
Audisi pemilihan bujang dara Inhil 2019 tingkat anak-anak

Audisi pemilihan bujang dara Inhil 2019 tingkat anak-anak

RIAU1.COM - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Inhil (DKIH) menggelar pemilihan Bujang Dara Inhil 2019, Kamis 25 Juli 2019.

Pemilihan kali ini memperebutkan untuk 3 kategori tingkatan yaitu kategori anak-anak, remaja dan Dewasa dengan jumlah peserta mencapai ratusan orang.

"Kita belum dapat jumlah resminya karena untuk tingkat dewasa masih dibuka pendaftaran, namun untuk peserta tingkat anak-anak dan remaja mencapai 300 peserta," ungkap Kepala Disparporabud Inhil, Junaidi melalui Kabid Kebudayaan Indra Maulana.

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar selama 4 hari dan malam final akan dilaksanakan pada Minggu 28 Juli 2019 pukul 19.30 WIB malam.

"Nantinya setelah semua peserta tampil, akan ada penyaringan untuk kategori dewasa. Kita akan adakan pembekalan khusus dewasa selama 2 hari," tambah Indra.

Menurut Indra, seperti tahun-tahun sebelumnya, pemenang kategori dewasa nantinya akan dikirim mewakili Kabupaten Inhil untuk pemilihan Bujang Dara tingkat Provinsi Riau tanggal 
3 Agustus hingga 9 Agustus 2019 di Pekanbaru.

"Kita hadirkan 5 orang juri sampai pada malam Final nanti dengan 1 orang juri kehormatan. Para juri ini merupakan orang-orang yang memang bergelut dibidang ini seperti mantan bujang dara, putri Inhil, dosen dan Figur multitalenta," jelas Indra lagi.

Lebih jauh, Indra menerangkan salah satu juri asli Inhil bahkan punya banyak pengalaman di luar negeri sebagai Dosen bahasa asing dan budaya Indonesia di Uzbekistan.

"Kita juga hadirkan juri kehormatan dan ada beberapa alternatif pilihan diantaranya Ketua TP PKK Inhil ataupun salah seorang publik figur Di Inhil," terangnya.

Pada tahun ini, para pemenang Bujang Dara Inhil akan kembali diberi penghargaan berupa uang pembinaan serta piala dan selempang.