Nekat! Pria Ini Tipu Belasan Pengusaha di Rohil Total Rp60 Juta, Ngakunya Uang Keamanan untuk Kapolda

Nekat! Pria Ini Tipu Belasan Pengusaha di Rohil Total Rp60 Juta, Ngakunya Uang Keamanan untuk Kapolda

23 Oktober 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM -Pria berinisial GL alias Akiong, berurusan dengan Polres Rohil - Riau setelah diduga menipu belasan orang pengusaha pengrajin kapal. Ia meminta uang para korban dengan mengaku untuk disetor kepada Kapolda. Dalihnya, agar tidak dirazia dan diperiksa aparat.

Perbuatan GL terbilang nekat. Kenapa tidak, ia diduga 'menjual' nama orang nomor satu di kepolisian (Riau, red) untuk mendapat untung. Kasusnya kini ditangani Polres Rohil dan dibenarkan Kapolres, AKBP Sigit Adiwuryanto, Selasa (23/10/2018) sore.

"Jadi dia ini mengumpulkan 12 orang pengusaha lokal pengrajin kapal. Meminta uang Rp5 juta perkepala. Totalnya Rp60 juta," kata mantan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Riau ini berbincang dengan Riau1.com melalui sambungan telepon.

Kepada setiap korban, GL berdalih kalau uang itu untuk Kapolda, sebagai uang keamanan agar tidak dirazia dan diperiksa. Tentu saja ini cuma akal-akalan pelaku. Korban-korban ini ia kumpulkan di warung kopi, dan di sana ia memaparkan alasannya memanggil para pengusaha tersebut.

Tak cukup disitu saja, GL juga meminta agar mereka tidak menceritakan itu kepada polisi. Tentu saja ini hanya modus pelaku saja, untuk mendapat duit mudah dari aksi penipuan yang ia lancarkan dan supaya tidak terendus oleh pihak berwajib.

Bak pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Perbuatan akhirnya GL terendus setelah korbannya merasa dirugikan, lalu membuat laporan resmi ke Polres Rohil untuk ditindak lanjuto secara hukum. "Proses penyidikan kita gelar," singkat Sigit.