Blusukan ke Rohil, Kabaharkam hingga Gubri Puji Kesuksesan Program Jaga Kampung Kapolda Riau

Blusukan ke Rohil, Kabaharkam hingga Gubri Puji Kesuksesan Program Jaga Kampung Kapolda Riau

26 Agustus 2020
Kabaharkam Komjen Agus bersama Kapolda Riau Irjen Agung memanen kacang panjang di lahan Jaga Kampung di Kabupaten Roghil, Rabu 26 Agustus 2020. (Jadi)

Kabaharkam Komjen Agus bersama Kapolda Riau Irjen Agung memanen kacang panjang di lahan Jaga Kampung di Kabupaten Roghil, Rabu 26 Agustus 2020. (Jadi)

RIAU1.COM -Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto blusukan ke pelosok Kabupaten Rohil, Provinsi Riau pada Rabu 26 Agustus 2020 siang. Dalam kunjungan dihari keduanya di Bumi Lancang Kuning, jenderal bintang tiga ini meninjau langsung kawasan yang menjadi program jaga Kampung Polda Riau yang terletak di Kecamatan Balai Jaya, Rohil.

Program Jaga Kampung yang digagas Polda Riau sejak beberapa bulan belakangan inilah yang menjadi sasaran blusukan Komjen Agus bersama rombongan Mabes Polri. Ia jauh-jauh datang didampingi Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Gubernur Syamsuar, Danrem 031, Danlanud Roesmin Nurjadin serta Danlanal.

Kecamatan Balai Jaya, merupakan salah satu kawasan yang menjadi penerapan Program Jaga Kampung Polda Riau di Kabupaten Rohil. Ada delapan hektar lahan yang kini diberdayakan oleh kelompok tani Sastra Parahiyangan Bhayangkara, yang diasuh Bhabinkamtibmas setempat sehingga lahan ini menjadi produktif dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat.

Komjen Agus Andrianto pun melihat langsung hasil keringat para petani tersebut. Bahkan Kabaharkam juga sempat memanen sendiri berbagai jenis tanaman siap panen di lahan tersebut, semisal sayur-sayuran. Ia pun memuji atas apa yang sudah dilakukan oleh Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam program Jaga Kampung yang menjadi penjabaran Program Kampung Tangguh Nusantara yang digaungkan Polri.

"Ini sangat luar biasa, saya sampaikan terimakasih kepada Kapolda Riau dan jajaran serta Forkopimda. Mudah-mudahan dari yang digagas ini menjadi motivasi, sehingga kita bisa berdiri dikaki sendiri, makin produktif serta ketahanan pangan bisa tercapai, mendorong masyarakat berpartisipasi aktif," sebutnya.

Ia menginginkan, program Jaga Kampung yang bertujuan untuk ketahanan pangan tersebut terus digulirkan sebagai jangka panjang, mengingat Provinsi Riau merupakan daerah strategis. Apalagi dimasa sekarang Indonesia masih dalam ancaman Pandemi Covid-19, yang salah satu dampaknya pada perekonomian masyarakat.

Loading...

"Kita ingin masyarakat bisa terus produktif, di tengah Pandemi Covid-19, dengan tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari virus tersebut. Dengan program ini, ketahanan pangan terjaga dan kebutuhan masyarakat bisa terwujud," singkat Komjen Agus Andrianto.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menjelaskan, saat ini ada 130 Polsek yang tersebar diseluruh Riau sudah menjalankan Program yang dibuatnya tersebut. Masing-masingnya, memiliki lahan minimal seluas dua hektar untuk difungsikan oleh petani dalam memberdayakan tanaman produktif. Sebagiannya bahkan sudah melakukan panen raya, seperti halnya di Kecamatan Balai Jaya, Rohil.

"Ada 130 Polsek di Riau menggelorakan Jaga Kampung ini. Kita ingin wujudkan ketahanan pangan. Dengan dukungan pemerintah daerah, semua bergandengan tangan dalam program ketahanan pangan dan alhamdulillah belum ada kendala. Tujuan kita, masyarakat cukup pangan, sehat kampungnya, kuat masyarakatnya," tutur Irjen Agung.

Kesuksesan program Jaga Kampung Polda Riau tersebut juga turut diapresiasi Gubernur Riau Syamsuar. Ia melihat langsung selama ini, bahwa petani merasakan dampak positifnya. "Program ini benar-benar dimanfaatkan petani, harapan nanti usaha ketahanan pangan masyarakat bisa meningkatkan ekonomi, kita bekerja keras meningkatkan ketahanan pangan, kita harap Jaga Kampung diteruskan masyarakat lain," tutupnya.