Harun Masiku Masih Buron, Ketua KPK: Mencari Orang Itu Enggak Gampang

Harun Masiku Masih Buron, Ketua KPK: Mencari Orang Itu Enggak Gampang

27 Januari 2020
Ketua KPK, Firli Bahuri

Ketua KPK, Firli Bahuri

RIAU1.COM - Kasus dugaan suap PAW anggota DPR yang menyeret mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan masih terus bergulir. Saat ini KPK masih memburu kader PDI-Perjuangan Harun Masiku yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Ketua KPK, Firli Bahuri menuturkan, pihaknya masih berupaya mencari tahu keberadaan Harun Masiku yang kini menjadi buronan kasus suap PAW DPR RI.

"Kami sudah cari, semua wilayah yang ada indikasi ada tempat persembunyiannya, apakah di Sulawesi, apakah di Sumatera Selatan, sudah kita lakukan semua, tetapi belum ada, belum ketangkap," ujarnya, Senin 27 Januari 2020.

Ia menyebut, mencari seorang buronan bukan perkara mudah. Karena itu, pihaknya belum bisa memastikan apakah bisa menangkap Harun Masiku dalam waktu dekat.

"Mencari orang itu enggak gampang memang ya, itu sama dengan cari jarum dalam sekam, oke, tapi pasti akan ketangkap," sebutnya.

Berdasarkan catatan Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Harun keluar Indonesia menuju Singapura pada hari Senin 6 Januari 2020 melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sekitar pukul 11.00 WIB.

Kemudian pada Selasa (7/1/2020), Harun kembali ke Tanah Air. Sampai saat ini, aparat penegak hukum masih belum dapat mengendus keberadaan Harun.

KPK sendiri mengumumkan penetapan tersangka Harun bersama tersangka lainnya pada Kamis 9 Januari 2020. Harun diduga melakukan suap terkait penetapan calon terpilih anggota DPR RI periode 2019—2024.