Cara Merawat Kuku agar Terus Kinclong!

Cara Merawat Kuku agar Terus Kinclong!

10 Juli 2024
Sumber:https://pixabay.com/id/photos/wanita-mengetik-menulis-macbook-865111/

Sumber:https://pixabay.com/id/photos/wanita-mengetik-menulis-macbook-865111/

RIAU1.COM - Memiliki kuku yang terlihat kinclong memang bisa menambah kecantikan. Namun untuk memiliki kuku yang bersih, terawat, dan bersinar, perlu dilakukan perawatan yang tepat. Ada yang ingin memiliki kuku yang cantik dan sehat, perlu mengetahui bagaimana cara merawat kuku yang efektif.

7 Cara Merawat Kuku agar Terus Kinclong
Memiliki kuku yang terlihat kinclong bukan hal yang mustahil. Anda bisa mulai dengan menjaga kebersihan kuku terlebih dahulu. Penggunaan hand soap ketika mencuci tangan ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan kuku. Jadi jangan pernah skip menggunakan sabun cuci tangan dengan kandungan yang bisa membantu menyehatkan kulit dan kuku tangan. Untuk Anda yang ingin mendapatkan hand soap berkualitas, sekarang sudah bisa membelinya secara online dengan mudah di Blibli.

Selain perlu membersihkan tangan dengan hand shop yang tepat, ada beberapa cara merawat kuku yang bisa membantu kuku terlihat sehat dan cantik setiap hari, berikut adalah cara-caranya:

 1. Jaga Kelembaban Kuku dan Kulit Sekitar
Cara pertama yang bisa menjadi kunci kuku terlihat cantik dan sehat adalah dengan menjaga kelembaban kuku dan kulit di sekitarnya. Untuk menjaga kelembaban kuku, pastikan menggunakan pelembab yang tepat misalnya minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Selain sangat bagus untuk kuku, minyak alami ini juga bisa membuat kuku terlihat cantik, bersih, dan semakin sehat.

2. Hindari Penggunaan Produk Kimia Berlebihan
Cara yang berikutnya adalah dengan menghindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia misalnya saja kutek yang tidak aman, serta penghapus kutek yang biasanya mengandung aseton. Penggunaan kutek atau penghapus kutek dengan bahan kimia seperti ini lama-kelamaan justru akan membuat kuku menjadi kasar dan tidak sehat.

3. Potong dan Rapikan Kuku Secara Teratur
Hal yang harus dilakukan jika ingin memiliki kuku yang rapi, sehat, dan kinclong adalah dengan memotong kuku dan merapikannya secara teratur. Pastikan menggunakan pemotong kuku yang tajam karena ini membuat hasil potong kuku lebih rata dan cantik. Selanjutnya gunakan juga kikir buku untuk membentuk buku lebih halus.

4. Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku
Jika sebelumnya Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya hentikan mulai sekarang. Selain tidak baik untuk kesehatan, menggigit kuku juga bisa merusak kuku dan kutikula. Cobalah ganti kebiasaan mengikuti dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

5. Beri Nutrisi yang Tepat untuk Kuku
Apa yang dikonsumsi setiap hari ternyata juga sangat berdampak pada kesehatan dan kecantikan kuku. Anda perlu untuk memberi nutrisi kuku dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti makanan dengan kandungan biotin, zat besi, dan vitamin E. Perbanyak makan makanan sehat seperti buah, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian karena ini punya kandungan yang bisa menyehatkan kuku dan kulit.

6. Lakukan Perawatan Kuku Secara Berkala
Tidak dipungkiri jika melakukan perawatan kuku secara berkala juga sangat efektif dalam menjaga keindahannya. Tidak harus ke salon karena bisa melakukan perawatan sendiri di rumah yaitu misalnya dengan merendam kuku dengan air hangat yang dicampur sedikit garam atau jus lemon. Perawatan ini bisa membantu melembutkan kuku. Jika sudah selesai melakukan treatment tersebut, oleskan pelembab dan pijat kuku serta kutikula supaya lebih sehat.

7. Gunakan Pelindung Kuku
Cara berikutnya adalah dengan memberikan pelindung kuku ketika beraktivitas misalnya saja saat berkebun, mencuci piring, atau sedang melakukan kegiatan yang seringkali menyebabkan kerusakan pada kuku. Anda bisa menggunakan sarung tangan yang bisa melindungi kuku. Saat bepergian juga gunakan pelindung tangan agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung serta polusi yang seringkali membuat kuku menjadi kering dan rapuh.

Banyak orang yang beranggapan jika merawat kuku tidaklah penting. Padahal, jika kuku terlihat sehat, cantik dan berkilau ini akan sangat mempengaruhi penampilan. Mulai sekarang Anda perlu peduli dengan kuku agar selalu terawat.

Jangan lupa ikuti cara merawat kuku di atas dan  pastikan untuk membersihkan tangan dan kuku menggunakan hand soap. Produk ini sangat efektif menjaga kebersihan dan kesehatan kulit tangan dan kuku. Dapatkan hand soap sesuai kebutuhan kulit dan kuku hanya di Blibli. Ada banyak promo menarik yang akan membuat pengalaman belanja di Blibli semakin menyenangkan.