Waspada! Ini Ciri-Ciri Penyakit TBC Yang Sering Kita Alami

20 Oktober 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM -  TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru. Saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan penderita tuberkulosis terbanyak setelah India.

TBC menjadi infeksi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari atau bahkan tidak tahu tentang bahaya TBC dan apa saja ciri-cirinya.

Berikut ciri-ciri penyakit TBC yang sering kita alami.

Pertama, ciri yang ditemukan biasanya batuk yang disertai dengan dahak selama 3 minggu lebih. Selanjutnya akan ada rasa nyeri ketika bernafas pada dada sehingga membuat penderita merasa sesak bernafas. Gejala ini sudah membuktikan bahwa paru-paru sudah terserang dan bisa juga menjadi penyakit bronchitis yang lebih berbahaya.

Yang ketiga yaitu rasa nafsu makan yang hilang ketika seseorang terserang TBC. Bakteri yang menyebabkan datangnya TBC akan mengirim sinyal ke otak agar tibuh tidak bisa dimasuki makanan sehingga nafsu makan sama sekali tidak ada. Karena jika dipaksa, akan menimbulkan rasa bosan. Demikian dikansir dari instagran catatan.sidokter

Sumber: ig catatan.sidokter