Ternyata Berhenti Merokok Bisa Buat Kamu Cepat Hamil

24 Desember 2018
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Tak hanya pria, wanita yang merokok ternyata juga menghambat terjadinya kehamilan. Namun, dengan berhenti merokok, maka wanita memiliki tingkat kehamilan yang Iebih tinggi. 

Diketahui bahwa wanita yang merokok akan menurunkan tingkat kesuburan dimana bila usia wanita tersebut 35 tahun, maka kualitas sel telurnya setara dengan 45 tahun atau 10 tahun Iebih tua. 

"Kebiasaan rokok menjadi salah satu penyebab utama masalah infertilitas. Untuk wanita, sel telur yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki. Karena itu, sayang sekali jika wanita punya kebiasaan merokok," kata dokter ahli kandungan dan kehamilan dr Beeleonie, BMedSc, SpOG (K) dilansir dari laman detikHealth, 21 Desember 2018.

Baginya, wanita perokok aktif, pasif, maupun third hand smoker, memiliki risiko yang sama. Maka dari itu, berhentilah merokok serta hindarilah perokok. 

Normalnya, sel telur ini akan menurun diusia 35-37 tahun. Tapi, bagi wanita yang merokok, penurunan sel telur bisa terjadi sejak usia akhir 20-an. Akibatnya pada usia 37 tahun, sel telur yang tersedia kurang dari 25 ribu. 

Turunnya persedian sel telur sendiri memang mempengaruhi peluang hamil Ioh guys! Sedihnya, dengan menggunakan bayi tabung pun akan sulit terjadi jika memang sel telurnya sendiri sudah sedikit.