Selain Dehidrasi, Sering Haus Di Malam Hari Ternyata Bisa Jadi Pertanda Penyakit

Selain Dehidrasi, Sering Haus Di Malam Hari Ternyata Bisa Jadi Pertanda Penyakit

16 November 2018
Haus di malam hari-ilustrasi internet

Haus di malam hari-ilustrasi internet

RIAU1.COM - Rasa haus sering kali muncul saat tubuh kita mengalami dehidrasi. Ketika rasa haus muncul di tengah malam atau saat tidur, maka tubuh secara otomatis akan terbangun dan mencari minum. Jika hal ini terjadi sekali atau dua kali mungkin hal yang normal. Namun, bagaimana jika haus di malam hari sering terjadi? Apakah ada masalah serius yang menyebabkan hal ini?

Saat tubuh kekurangan cairan, atau kurang minum d malam hari, tentu bisa menimbulkan rasa haus di malam hari, sehingga tubuh menagih kekurangan tersebut saat kita tertidur.



Tak hanya itu,  keringat yang keluar sebelum dan saat tidur juga menjadi penyebab mengapa rasa haus di malam hari sering muncul. Gejala demam pun, juga membuat tubuh terbangun dan ingin segera mencari minum di malam hari.

Sementara itu, bagi penyuka makanan pedas dan asin, hal ini juga dapat mengakibatkan rasa haus muncul di malam hari. Apalagi jika makanan tersebut dikonsumsi sesaat sebelum tidur, biasanya tenggorokan akan terasa kering dan butuh air.

Selain beberapa pemicu ini, rasa haus di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya penyakit.



1. Xerostomia

Bisa juga seseorang mengalami haus dan mulut kering akibat terjadinya xerostomia. Xerostomia adalah kondisi saat kelenjar ludah di mulut tidak memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah.

Mulut kering ini bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, masalah penuaan, atau efek dari terapi radiasi untuk kanker.

2. Diabetes melitus

Haus yang berlebihan, baik di malam hari sebelum tidur maupun di pagi hari, juga bisa disebabkan oleh gula darah tinggi atau hiperglikemia. Rasa haus yang sering muncul atau disebut dengan polidipsia adalah salah satu gejala dari orang yang mengalami diabetes jenis tipe 2.

3. Diabetes insipidus

Selain itu, haus berlebihan di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya diabetes insipidus. Diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak dapat mengatur cairan dengan benar. Ini menyebabkan ketidakseimbangan air dalam tubuh, sehingga orang jadi sering buang air kecil dan haus berlebihan.

Sumber: okezone.com