Pink Legacy, Berlian Istimewa Seharga 700 Miliar

Pink Legacy, Berlian Istimewa Seharga 700 Miliar

14 November 2018
Pink Legacy- sumber foto: cnnindonesia

Pink Legacy- sumber foto: cnnindonesia

RIAU1.COM - Berlian merah muda bernama Pink Legacy baru-baru ini terjual dengan harga 50 juta Dollar Amerika Serikat (AS) atau lebih dari Rp 700 miliar.

"Anda harus mengakui pertama bahwa berlian Pink Legacy adalah berlian yang sangat istimewa. Ini adalah satu dari contoh terbaik dari berlian merah muda pada ukuran dan warna dan ini dibuktkan dengan rekor dunia baru untuk penjualan per karat," ujar Rahul Kadlaka, kepala bagian perhiasan rumah lelang Christie dikutip dari Cnnindonesia.com Rabu (14/11/2018).



Menurut Kadlaka, berlian ini dibeli oleh label prestisius Amerika, Harry Winston. Si berlian pun akan berganti nama menjadi Winston Pink Legacy.

Berlian yang memiliki kadar 18,96 karat ini dikategorikan sebagai 'fancy vivid'. Jarang ada berlian yang menyandang gelar ini. Hanya 1 dari 100ribu berlian.

Di sisi lain, Eddie LeVian, CEO dari label perhiasan Le Vian mengakui bahwa rekor penjualan ini menandakan bisnis berlian dalam kondisi yang baik.



"Ini pertanda sensitivitas pasar mendekati penutupan tambang berlian di Argyle, Australia pada 2020. Dengan Argyle yang memproduksi 90 persen berlian pink untuk dunia, coba berapa nilai berlian ini lima tahun dari sekarang?" kata dia dalam

Dalam sejarah penjualan Pink Legacy memecah rekor dengan tingginya harga per karat yakni 2,637 juta Dollar AS atau lebih dari Rp38 miliar. harga tertinggi sebelumnya dipegang oleh Pink Promise dengan harga 2,176juta Dollar AS per karat atau lebih dari Rp32 miliar.

Sementara itu, Christie tidak melakukan identifikasi terhadap pemilik terakhir berlian. Namun berlian ini pernah dimiliki oleh keluarga Oppenheimer yang menjalankan perusahaan pertambangan berlian De Beers selama tiga generasi.

Sebelumnya pada 2017 sebuah berlian bernama Pink Star terjual di rumah lelang Sotheby, Hong Kong dengan harga 71,2juta Dollar AS atau lebih dari Rp1 triliun. Berlian 59,6 karat ini merupakan berlian termahal dan terbesar yang pernah dilelang di sana.

Sumber: Cnnindonesia.com