Kanker Usus Dapat Dicegah Bila Diobati Sejak Dini

Kanker Usus Dapat Dicegah Bila Diobati Sejak Dini

8 Desember 2018
Ilustrasi kanker. Foto:Pixabay.

Ilustrasi kanker. Foto:Pixabay.

RIAU1.COM -Penyakit kanker usus dapat disembuhkan bila dideteksi sejak dini. Namun, penyakit kanker nomor tiga ini akan susah disembuhkan bila sudah stadium 4.

"Pencegahan terbaik adalah dengan cara deteksi dini. Mendeteksi dini kanker dibagi menjadi dua kelompok yakni mulai usia 50 tahun pada seseorang yang keluarganya tidak memiliki riwayat kanker dan usia 40 tahun bagi keluarganya yang memiliki kanker," jelas dokter Eko Priatno, spesialis bedah dari Bethsaida Hospital di Tangerang, Kamis (6/12/2018).

Faktor genetik berperan besar. Bila ditemukan kasus kanker usus besar pada anak muda, maka penyebabnya adalah gaya hidup.

"Semua orang berpotensi terkena kanker usus besar. Namun yang lebih beresiko adalah orang yang memiliki riwayat keluarga kanker, penderita polip usus besar, penderita radang usus menahun, sering mengonsumsi daging merah, lemak tinggi serta kurang serat, seseorang dengan obesitas, perokok dan yang kurang aktivitas fisik," papar dokter Eko.

Pengobatan penyakit kanker usus besar dapat diobat dengan menjalani kemoterapi. Namun, kemoterapi ini tidak dapat mengobati semua penyakit kanker karena tergantung stadium yang diderita.