Sabtu, 17 November 2018

GAYA-HIDUP

Ini 7 Penyebab Tumit Pecah-Pecah, Obesitas Juga Bisa Jadi Penyebabnya Loh

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Tumit pecah-pecah merupakan salah satu masalah pada kaki yang cukup banyak dikeluhkan wanita. Kondisi ini bisa terjadi akibat beberapa kondisi pada seseorang dan lingkungan di sekitarnya. Sebenarnya apa saja sih penyebab tumit pecah-pecah?

1. Terlalu lama Berdiri

Terlalu lama berdiri dapat menyebabkan kulit kaki khususnya tumit menjadi tebal dan keras yang nantinya bisa menjadi pecah dan mengelupas. Satu-satunya cara untuk mencegah kondisi ini adalah memakai alas kaki yang empuk. Ketika berdiri dalam waktu yang lama pun juga usahakan untuk bergerak dan berjalan beberapa lama untuk beristirahat.

2. Permukaan Lantai Kasar

Tekanan konstan dari tubuh pada permukaan yang kasar dapat membuat keadaan tumit semakin buruk. Tidak hanya itu, dalam jangka panjang kondisi ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada tulang tumit dan memberi rasa sakit yang luar biasa.

3. Obesitas

Kaki tidak selalu kuat menahan beban badan yang berat, terlebih jika berdiri terlalu lama. Jika terus dipaksa, akan membuat tumit keras dan pecah-pecah.

4. Memakai alas kaki yang sama terus menerus

Mengggunakan alas kaki yang sama terus menerus, khususnya flat shoes dapat membuat tumit pecah-pecah. Gunakanlah sepatu dan sendal yang kamu miliki secara bergantian demi kesehatan kakimu.

5. Sering terkena air panas

Mandi menggunakan air panas ternyata juga memiliki efek yang sama pada tumit dan kulit. Hindari menggunakan air panas yang asapnya mengepul bahkan selama pedikur. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mencuci kaki sebanyak dua kali sehari dan mengeringkan kulit dengan handuk kering setelah setiap tumit basah.

6. Kondisi medis

Kondisi tubuh seperti kekurangan vitamin, diabetes, gangguan tiroid dan psoriasis juga dapat membuat kulit tumit menjadi kering dan pecah-pecah.

7. Dehidrasi
Kandungan air pada tubuh dapat memengaruhi kelembapan alami kulit. Jika tubuh sering mengalami dehidrasi, bukan tidak mungkin tumit menjadi kering hingga pecah-pecah. Jadi pastikan kamu mengonsumsi cukup air agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Nah itu dia beberapa penyebab tumit pecah-pecah seperti yang dikutip dari popbela.com. Mulai sekarang, yuk hindari penyebab-penyebab ini untuk menjaga kelembutan tumitmu.