Sabtu, 17 November 2018

GAYA-HIDUP

Hati-hati, Ternyata Usia Muda Juga Bisa Terkena Diabetes

news24xx


Ilustrasi: Internet Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Bila kamu mengira penyakit ini hanya menyerang usia tua saja, maka kamu salah besar. Ternyata penyakit ini bisa menyerang usia muda juga loh guys! lnilah faktor-faktor penyebabnya. 

Disebutkan bahwa faktor penyebab usia muda terkena diabetes adalah mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kadar gula yang tinggi serta kurang aktif bergerak. 

Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, usia produktin rentang terkena diabetes. Usia tersebut dari 25-34 tahun dan 35-44 tahun. 

Diketahui bahwa sekitar 50% dari populasi Indonesia berumur 25-34 tahun memiliki tanda-tanda prediabetes. Sedangkan untuk usia 35-44 tahun memiliki tanda-tanda pre-diabetes sebesar 60%. Hal itu menunjukkan bahwa 3 dari 5 orang berusia antara 35-44 tahun di Indonesia menderita prediabetes. 

Parahnya, kondisi pre-diabetes sangatlah berbahaya. Pasalnya, kondisi seperti itu tidaklah menunjukkan gejala-gejala yang pasti. Hal ini dikarenakan gejala akan timbul saat kadar glukosa darah telah mencapai rentang diabetes. 

Maka dari itu kamu disarankan untuk mengecek gula darah secara berkala. Kemenkes pun berpesan saat melakukan cek gula darah, sertakan juga untuk mengecek tekanan darah, lingkar pinggang, serta profil lemak dan kolesterol darah. 

Cara ampuh untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menganut pola hidup sehat. Oh ya, Iakukan olahraga secara rutin minimal 150 menit per minggu, menjaga berat badan dan membatasi asupan kalori serta gula, garam, dan lemak. Demikian seperti dilansir Instagram @indozonehealth, 9 November 2018.