Hati-Hati, Ini Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur

Hati-Hati, Ini Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur

2 Desember 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Alunan musik, bagi sebagian orang ada menganggap sebagai penenang. Tergantung bagaimana musiknya. Bahkan beberapa orang kerap mendengarkan musik sambil tidur. Banyak yang percaya bahwa mendengarkan lagi saat ingin tidur akan membuat seseorang lebih cepat mengantuk.

Tetapi apakah kebiasaan ini aman untuk dilakukan? Melansir dari Okezone.com, Minggu (2/12/2018), Menurut penelitian, kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur atau akhirnya tertidur dengan earbud di telinga akan menimbulkan banyak bahaya. Meskipun tidak ada klaim bahwa kebiasaan ini dapat membunuh, tetapi kualitas tidur semakin dipertanyakan.



Untuk waktu yang lama, sering dipercayai bahwa musik, dengan kualitasnya yang menenangkan, benar-benar dapat membantu tidur lebih nyenyak. Tetapi hal ini membuat lupa bahwa tubuh memiliki ritme sirkadian sendiri untuk mengikuti dengan menginduksi suara buatan.

Kebiasaan tidur nyenyak dengan musik ini sebenarnya tidak sehat untuk jangka panjang. Kebiasaan ini memaksa otak manusia untuk tetap aktif sepanjang waktu dan tidak mendapatkan istirahat yang dibutuhkan.



Ketika mendengarkan musik dan akhirnya tertidur, otak tidak sepenuhnya mati. Bagian otak yang bertanggung jawab untuk interaksi dan penerimaan menjadi tidak sadar tetapi tidak benar-benar mendapatkan istirahat.

Tidak mendapatkan waktu tidur yang sempurna selama 8 jam juga dapat meningkatkan detak jantung manusia keluar dari kisaran normal dan ini sangat tidak sehat. Mendengarkan musik mungkin tampak memiliki dampak secara langsung. Tapi sebenarnya efek samping memasukkan earphone saat tidur akan membuat sakit pada gendang telinga bagian dalam dan memunculkan suara aneh.

Sumber:Okezone.com

Loading...