Senin, 19 November 2018

GAYA-HIDUP

Awas, Ini Bahaya Keseringan Ngopi Yang Harus Diketahui Para Milenial

news24xx


Secangkir kopi-ilustrasi Secangkir kopi-ilustrasi

RIAU1.COM - Ngopi sudah menjadi gaya hidup para milenial saat ini. Dalam berbagai kegiatan, kopi sudah menjadi ketergantungan bagi sebagian orang.

Memang, selain membuat suasana semakin hangat, kopi bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak sehingga stamina meningkat.

Namun, di samping itu, ternyata kopi juga bisa berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 8 bahaya kopi jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Detak jantung lebih cepat dari biasanya

Menurut dr. Jansen Ongko, MSc, RD, seorang pakar kesehatan dan nutrisi, konsumsi kopi yang berlebihan bisa membuat detak jantung lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan jantung.

2. Sakit kepala

Mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak juga menimbulkan sakit kepala. Jadi, bagi yang tidak terbiasa atau kondisi tubuhnya tidak mendukung, minumlah kopi secukupnya saja.

3. Insomnia
Hampir semua orang mengetahui bahkan mungkin mengalami hal ini. Kandungan kafein dalam kopi menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Namun bagi kaum millenials, tidak sedikit dari mereka yang bukannya menghindari masalah itu, tetapi malah dimanfaatkan untuk produktivitas kerja mereka.

4. Darah tinggi

Sebuah studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, mengatakan bahwa kafein meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang dengan tekanan darah tinggi.

5. Risiko stroke dan serangan jantung meningkat

Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry, disebutkan bahwa konsumsi kopi lebih dari lima gelas setiap hari dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah. Ini berkaitan secara signifikan dengan stroke dan serangan jantung.

6. Pencernaan terganggu

Ternyata kafein juga mempengaruhi pencernaan. Minum kopi yang terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut, apalagi jika perut masih dalam keadaan kosong.

7. Kolesterol meningkat

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi lima cangkir kopi setiap hari berpotensi tinggi meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8%. Hal ini dikarenakan kandungan minyak terpene di dalam kopi.

8. Asam lambung meningkat

Senyawa kafein atau katekol yang terkandung pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi orang yang memiliki masalah lambung atau maag.

Sumber: idntimes.com