Angka Penderita Diabetes di Indonesia Makin Meningkat

Angka Penderita Diabetes di Indonesia Makin Meningkat

11 Desember 2018
Ilustrasi orangtua dan anak bersepeda bersama. Foto: Shutterstock

Ilustrasi orangtua dan anak bersepeda bersama. Foto: Shutterstock

RIAU1.COM-Data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018, angka penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat. Pada tahun 2018, angkanya meningkat menjadi 8,5 persen.

"Sebelumnya di 2013, angka prevalensi diabetes pada penduduk berumur di atas 15 tahun adalah 6,9 persen," kata dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM Dicky Levenus Tahapary di Jakarta, Minggu (9/12/2018).

Agar tidak dijangkiti diabetes, aktivitas fisik harus rutin dilakukan selama 30 menit per hari. Buah dan sayur harua rajin dikonsumsi.

"Diabetes bisa Anda cegah. Jika sudah terlanjur terkena, Anda bisa mencegah komplikasinya antara lain dengan menjalani pemeriksaan kesehatan hingga menerapkan gaya hidup sehat," ungkap Dicky.

Loading...

Komplikasi akibat diabetes mulai dari infeksi TB, kebutaan (jika pembuluh darah saraf mata terganggu), gangguan pada ginjal, merasa kebas sehingga tak menyadari adanya luka dan berakibat amputasi (jika saraf terkena) hingga stroke dan gangguan pada kaki. 

"Komplikasi dapat dicegah dengan deteksi dini dan pengelolaan diabetes di puskesmas serta fasilitas kesehatan lanjutan," jelasnya.

Sumber: Antara