Wisatawan Lokal Mencoba Memasuki Pantai Tertutup di Gunungkidul

Wisatawan Lokal Mencoba Memasuki Pantai Tertutup di Gunungkidul

25 Mei 2020
Wisatawan Lokal Mencoba Memasuki Pantai Tertutup di Gunungkidul

Wisatawan Lokal Mencoba Memasuki Pantai Tertutup di Gunungkidul

RIAU1.COM -  Ratusan wisatawan dilaporkan mencoba memasuki beberapa pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, selama liburan Idul Fitri. Kompas.com melaporkan bahwa kebanyakan dari mereka adalah wisatawan lokal dan pelancong dari kota lain yang datang melalui rute alternatif.

Sekretaris Organisasi Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Gunungkidul area II, Surisdiyanto mengatakan, para wisatawan ini ingin mengunjungi Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, dan Pantai Sepanjang, tetapi masyarakat meminta mereka untuk pulang.

“Kami berbicara dengan mereka dengan sopan, [menjelaskan] bahwa mereka harus meninggalkan pantai,” kata Suris, “Beberapa memohon [kami untuk membiarkan mereka masuk, karena mereka ingin] menikmati pantai untuk sementara waktu. Tapi, kami masih meminta mereka pulang. ”

Suris mengatakan bahwa sebelum wabah COVID-19, pantai biasanya dipadati pengunjung satu hari setelah Idul Fitri.

Sekretaris badan pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono membenarkan bahwa tempat-tempat wisata di daerah itu belum dibuka kembali, mengakui bahwa beberapa wisatawan telah mencoba memasuki situs, terutama pantai, selama liburan.

"Kami akan memperketat keamanan di pintu masuk selama liburan," katanya.

Loading...

Badan ini juga menempatkan staf di beberapa pos dan bekerja sama dengan polisi di Gunungkidul. Mereka yang datang untuk mengunjungi tempat-tempat wisata diminta untuk pulang karena mereka belum membuka kembali.

Menurut Harry, agen belum memutuskan apakah akan membuka kembali tempat-tempat wisata bulan depan karena mengikuti banding polisi nasional mengenai pencegahan COVID-19.

Meskipun beberapa tempat wisata yang dikelola oleh organisasi milik negara, seperti candi Prambanan dan Borobudur, dilaporkan akan dibuka kembali pada bulan Juni, agensi tersebut belum membuat keputusan untuk membuka kembali tempat wisata lainnya.