Minta Perlindungan Hadapi Corona, Ini Waktu Mustajab Memohon Kepada Allah

Minta Perlindungan Hadapi Corona, Ini Waktu Mustajab Memohon Kepada Allah

1 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Berdoa kepada Allah SWT merupakan salah satu kewajiban umat Islam, bertujuan agar selalu diberi keselamatan, perlindungan, kesehatan dan lain-lain terkait apapun yang diharapkan, termasuk saat menghadapi pandemi corona ini.

Salah satu waktu mustajab untuk memohon yaitu setelah melaksanakan sholat fardhu. "Selesai sholat fardhu maupun sunah adalah waktu yang tepat (waktu mustajab) untuk berdoa, dan itu umum biasa dilakukan Muslim," kata Guru Fikih Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Ustadz Mumu Mudzakir.

Banyak doa yang bisa dipanjantkan usai sholat fardhu atau sunah di rumah maupun di masjid, salah satu contohnya sebagai berikut ini:

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Artinya: "Segala puji bagi Allah Penguasa Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan dan kekuasaan-Mu".

Kemudian bisa dilanjutkan dengan membaca doa keselamatan:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ. رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Loading...

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu, kebahagiaan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut.Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, jauhkanlah kami dari siksa api neraka, dan ampunan pada saat pelaksanaan hisab. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk, dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi".

Lebih lanjut, doa merupakan bagian dari upaya mendekatkan diri kepada Allah. Sebab sebagai hambaNya, mengakui bahwa manusia hanya makhluk hidup biasa yang memerlukan Allah di setiap saat. "Doa merupakan cara komunikasi kita (umat Islam) kepada Sang Pencipta," pungkas ustadz Mumu.

 


Sumber: Okezone