Olahraga ini Bisa Jaga Kondisi Tubuh saat Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Akibat Corona

Olahraga ini Bisa Jaga Kondisi Tubuh saat Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Akibat Corona

29 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Atlet Olimpiade Inggris, Samantha Clayton mengungkapkan, kekhawatiran tertular virus corona membuat banyak orang menjadi gelisah. Ia pun menyarankan untuk terus waspada, gunakan waktu di rumah untuk perawatan diri dan memperbanyak rutinitas kebugaran.

"Selama aktifitas fisik, tubuh akan melepaskan endorfin secara alami. Peningkatan hormon bahagia ini dapat meningkatkan suasana hati, kepercayaan diri dan membantu mengurangi tingkat stres anda," kata Samantha, Ahad 29 Maret 2020.

Olahraga teratur juga banyak dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, peningkatan kepadatan tulang, peningkatan mobilitas sendi, peningkatan kognisi, peningkatan mood, peningkatan fungsi metabolisme, peningkatan massa otot dan kekuatan.

Daftar manfaat ini terus berlanjut, tapi selama masa-masa penuh tekanan seperti sekarang, salah satu manfaat terbesar dari melakukan olahraga teratur adalah kemampuannya untuk membuat kegiatan kehidupan sehari-hari terasa lebih mudah.

Ia menuturkan, olahraga akan membantu anda mempertahankan pola pikir yang fokus dan lebih rasional. Berolahraga bisa dimana saja, tidak peduli berapa banyak ruang yang dimiliki.

"Yang dibutuhkan adalah berat badan sendiri dan latihan dimana peralatan minimal. Anda dapat melakukan rutinitas latihan seluruh tubuh dengan cepat kapan saja untuk meregangkan dan menguatkan tubuh Anda," tuturnya.

Loading...

Dikatakannya, ada 5 latihan yang bisa dilakukan di rumah. Pertama, melatih otot trisep untuk melatih punggung lengan dan bahu anda. Kedua, push up untuk latihan sedikit berat karena memerlukan banyak otot untuk bekerja.

"Berbaring telungkup di lantai dan posisikan telapak tangan Anda di lantai, kira-kira selebar bahu dan dekat bahu Anda," kata Samantha yang juga Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife tersebut.

Ketiga, lanjut Samantha, melatih keseimbangan tangan dan lutut. Latihan ini menantang keseimbangan dan melatih otot perut Anda. Latihan keempat adalah squat, merupakan latihan fungsional yang bekerja pada kelompok otot terbesar di tubuh, pinggul dan kaki Anda. Latihan kelima adalah melatih paha. Latihan ini melatih bagian depan dan belakang kaki Anda.

“Singkatnya, gunakan waktu di rumah untuk melakukan perawatan diri, serta meluangkan waktu untuk melatih tubuh Anda. Jangan biarkan diri Anda melewatkan semua manfaat kesehatan luar biasa yang terkait dengan olahraga. Tapi ingat, jika Anda sakit dan memilih untuk berolahraga, jangan terlalu memaksakan diri dengan latihan rutin Anda," pungkasnya.

 


Sumber: Republika