Gusi Hitam Bikin Gak PD, Ketahui Penyebabnya

Gusi Hitam Bikin Gak PD, Ketahui Penyebabnya

25 Februari 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Warna gusi yang cerah membuat senyum seseorang terlihat lebih percaya diri. Setiap orang memiliki warna gusi yang berbeda, berkisar dari warna merah mudah hingga coklat dan hitam.

Beberapa orang mungkin memiliki gusi hitam yang dapat disebabkan oleh kondisi medis, obat- obatan, merokok atau faktor gaya hidup lainnya.

Di sisi lain, perubahan warna gusi dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya, sehingga seseorang harus berbicara dengan dokter untuk menentukan penyebabnya.

Dilansir dari himedik, ada berbagai kondisi penyebab gusi hitam, yakni:


1. Melanin

Gusi coklat tua atau hitam mungkin disebabkan oleh seseorang yang memiliki lebih banyak melanin di dalam tubuhnya.

2. Merokok

Merokok dapat menyebabkan gusi berubah warna. Ini dikenal sebagai melanosis perokok. Sel khusus dalam tubuh yang disebut melanosit membuat melanin. Nikotin dalam tembakau dapat menyebabkan melanosit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya. Gusi bisa menjadi lebih coklat atau hitam.



4. Gingivitis ulseratif nekrotikans akut

Dikenal juga sebagai mulut parit. Ini menyebabkan demam, gusi yang menyakitkan dan napas berbau tidak sedap. Infeksi dapat menyebabkan gusi hitam atau abu-abu jika lapisan jaringan mati menumpuk di atas gusi. Mulut parit disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang cepat di mulut, biasanya karena radang gusi.

5. Memar

Memakan sesuatu dengan ujung yang tajam dan bahkan menyikat gigi terlalu keras dapat membuat gusi memar. Memar pada gusi biasanya berwarna merah tua atau ungu, tetapi bisa juga berwarna coklat tua atau hitam. Anda juga mungkin mengalami pendarahan ringan dan rasa sakit selain memar. Memar biasanya sembuh sendiri tanpa perawatan medis.

Loading...