Terungkap, Inilah Sembilan Kesalahan Tentang Gizi yang Membuat Kita Terus Bertambah Gemuk

Terungkap, Inilah Sembilan Kesalahan Tentang Gizi yang Membuat Kita Terus Bertambah Gemuk

28 Januari 2020
Terungkap, Inilah Sembilan Kesalahan Tentang Gizi yang Membuat Kita Terus Bertambah Gemuk

Terungkap, Inilah Sembilan Kesalahan Tentang Gizi yang Membuat Kita Terus Bertambah Gemuk

RIAU1.COM - Obesitas adalah epidemi, dan kita semua ingin menghindarinya. Jadi, jika Anda telah menambah beberapa kilogram yang tidak diinginkan, keinginan untuk segera menurunkannya terkadang dapat menyebabkan Anda melakukan kesalahan.

Dalam semangat kita yang berlebihan dan semua informasi yang salah membanjiri internet, sangat mungkin bahwa kita mungkin secara tidak sadar melakukan kesalahan, seperti melakukan latihan yang salah atau memakan hal-hal yang salah.

Untuk mencegah Anda membuat kesalahan di meja makan, Riau1.com telah membuat daftar beberapa kesalahan diet yang paling umum. Anda bisa bersalah melakukan beberapa dari ini juga!

1. Berpikir bahwa semua kalori adalah sama
Semua kalori tidak sama, ada yang baik dan ada yang buruk. Kalori yang Anda konsumsi saat makan sayuran adalah baik, sedangkan kalori yang Anda konsumsi saat makan burger adalah buruk. Ini karena jumlah insulin yang dikeluarkan oleh tubuh lebih tergantung pada jenis kalori yang Anda konsumsi, daripada pada jumlah kalori yang Anda konsumsi.

2. Memilih makanan rendah lemak atau diet
Makanan olahan, rendah lemak, atau "diet" sering dianggap sebagai pilihan ideal untuk menurunkan berat badan, tetapi itu mungkin tidak selalu benar. Banyak dari makanan yang disebut sehat ini seringkali sarat dengan gula untuk meningkatkan rasanya.

Karena itu, alih-alih membuat Anda kenyang, makanan rendah lemak lebih cenderung membuat Anda lebih lapar, dan Anda mungkin malah makan lebih banyak. Lebih sehat memilih kombinasi produk makanan bergizi dan minimal diproses.

3. Tidak makan cukup protein
Protein adalah nutrisi tunggal terpenting jika Anda bertujuan menurunkan berat badan. Diet tinggi protein meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan berdampak positif pada beberapa hormon pengatur berat badan. Ini juga membantu melindungi massa otot selama penurunan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa diet yang mengandung sekitar 0,6-0,8 gram protein per lb, dapat membantu mengendalikan nafsu makan, dan meningkatkan komposisi tubuh Anda.

4. Kurang serat dalam diet Anda
Menambahkan cukup serat ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi nafsu makan dengan mengisi Anda. Serat juga membantu menurunkan berat badan dengan membuat tubuh menyerap lebih sedikit kalori dari makanan lain. Studi menunjukkan bahwa menggandakan asupan serat harian Anda dapat menghasilkan lebih sedikit 130 kalori yang diserap. Anda bisa menambahkan serat ke makanan Anda dengan membuat sedikit perubahan pada diet Anda seperti beralih ke roti gandum utuh, bukan roti putih biasa.

5. Makan terlalu sering, bahkan jika Anda tidak lapar
Kita sering disarankan untuk makan dalam porsi kecil dan beberapa kali di siang hari, jika kita ingin menurunkan berat badan, daripada makan besar 3 kali sehari. Namun, ini tidak benar. Makan ketika Anda lapar dan hanya ketika Anda lapar adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Ini karena makan terlalu sering, bahkan jika Anda makan lebih sedikit, tanpa sadar dapat menyebabkan terlalu banyak kalori yang dikonsumsi sepanjang hari.

6. Mengikuti saran tentang tidak pernah melewatkan sarapan
Saran lain yang sering kita dengar adalah jangan pernah melewatkan sarapan, bahkan tanpa memperhitungkan selera makan kita. Nasihat ini tidak sepenuhnya benar. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan mengkonsumsi lebih banyak kalori saat makan siang, dibandingkan dengan mereka yang sarapan. Namun, ketika kalori yang dikonsumsi sepanjang hari dihitung, ditemukan bahwa mereka mengkonsumsi rata-rata 408 lebih sedikit kalori.

Loading...

7. Minum jus buah dalam kemasan
Orang yang berusaha menurunkan berat badan kebanyakan berhenti minum minuman ringan dan minuman manis lainnya. Tetapi mereka sering melupakan jus buah kemasan. Bahkan jus buah 100% dikemas dengan gula yang cukup untuk membuat rencana penurunan berat badan Anda salah. Misalnya, 12 ons jus buah tanpa pemanis dapat mengandung sekitar 36 gram gula. Itu lebih dari dalam 12 ons soda.

8. Tidak makan makanan yang mengandung bahan tunggal
Penyebab terburuk kenaikan berat badan Anda adalah makanan olahan tinggi. Studi menunjukkan bahwa makanan olahan merupakan kontributor utama epidemi obesitas saat ini. Hal terbaik untuk dilakukan, jika Anda peduli dengan kesehatan Anda, adalah pergi untuk makanan lengkap karena mereka membatasi diri, yang berarti mereka sangat sulit untuk dikonsumsi berlebihan.

9. Makan terlalu banyak dan tidak termasuk buah segar dalam diet Anda.
Terakhir namun tidak kalah pentingnya, makan terlalu banyak dan tidak termasuk buah-buahan segar dalam diet Anda juga dapat membuat impian penurunan berat badan Anda tetap menjadi mimpi. Buah-buahan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah semangka, pir, apel, dan jeruk bali.

Saat berbelanja, disarankan untuk hanya membeli makanan yang Anda tahu bisa dimakan saat masih segar. Mengisi kulkas tidak perlu karena hal ini bisa membuat Anda makan lebih banyak dari yang semula Anda rencanakan.

Jadi, kesalahan apa yang telah Anda lakukan? Bagikan rahasia kecil Anda dengan kami di komentar di bawah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika Anda menyukainya.

 

 

R1/DEVI