Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

14 Desember 2019
Berkendara saat hujan

Berkendara saat hujan

RIAU1.COM - Di Indonesia, menjelang akhir tahun sangat lumrah jika cuaca akan lebih sering diguyur hujan. Maka dari itu, para pengemudi kendaraan harus ekstra waspada menghadapinya, dimulai dari persiapan kendaraan sampai cara mengemudi. Berikut berbagai hal yang mesti diketahui saat mengemudi pada kondisi hujan sebagaimana dikutip dari CNNindonesia, Sabtu (14/12/2019).

1. Selalu Cek Kendaraan Sebelum Berangkat

Hujan ataupun tidak, mengecek kendaraan sebelum berangkat penting dilakukan. Pastikan tekanan udara pada ban normal, lampu-lampu menyala, serta wiper dan penyiram siap kerja.



2. Kurangi Kecepatan

Saat kondisi jalanan basah, ban dengan permukaan jalan pasti lebih sedikit ketimbang ketika kering. Perlu diketahui juga hal ini berdampak pada jarak optimal pengereman yang bisa berubah jadi dua kali lipat makin jauh.



3. Jaga Jarak

Solusi selain mengurangi kecepatan buat mengatasi masalah teknis pada traksi dan pengereman saat hujan yaitu menjaga jarak dengan kendaraan lain. Cipratan air dari ban kendaraan di depan bisa mencapai kaca depan, sebab itu menjaga jarak juga memberikan visibilitas lebih baik.

Jika cipratan air dari kendaraan di depan sudah terlalu parah, menepi untuk istirahat dan menunggu cuaca membaik bisa dipertimbangkan.

4. Hindari Gerakan Tiba-tiba

Saat hujan permukaan jalan cenderung licin. Pengemudi mesti tenang saat mengemudi dan diimbau jangan terburu-buru memberikan instruksi pada kendaraan. Menggerakkan setir secara tiba-tiba bisa bikin kendaraan kehilangan kendali.