Rutin Donor Darah Ternyata Juga Bisa Bikin Langsing Loh

Rutin Donor Darah Ternyata Juga Bisa Bikin Langsing Loh

14 Desember 2019
Donor darah

Donor darah

RIAU1.COM - Donor darah merupakan suatu tindakan yang sangat mulia. Karena darah yang kamu donorkan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan

Selain membawa manfaat bagi orang lain, mendonorkan darah secara rutin juga membawa dampak positif bagi pendonor. Berikut beberapa diantaranya.

1. Mendeteksi Penyakit Serius

Sebelum seseorang mendonorkan darahnya, petugas medis akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu seperti berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Saat pemeriksaan tersebut, pendonor juga akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah. Petugas akan memastikan ada tidaknya penyakit serius seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi darah.





2. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Donor darah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian telah mengungkap bahwa donor darah dapat mengurangi tingkat kekentalan darah sehingga kadar LDL dapat ditekan.

LDL adalah kolesterol yang dapat memicu beragam penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

3. Membakar Kalori dan Membantu Turunkan Berat Badan

Manfaat lain dari mendonorkan darah adalah kalori di dalam tubuh dapat terbakar sehingga mampu menurunkan berat badan. Rata-rata orang dewasa membakar hingga 650 kalori saat mendonorkan darah sebanyak 450 ml.