Tak Hanya Sering Melakukan Hubungan Seks, Empat Hal Ini Mampu Membuat Anda Panjang Umur

Tak Hanya Sering Melakukan Hubungan Seks, Empat Hal Ini Mampu Membuat Anda Panjang Umur

13 Desember 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Panjang atau pendeknya umur seseorang, tidak ada yang mengetahui. Tapi, ternyata ada lima cara mengejutkan yang bisa Anda lakukan supaya bisa berumur panjang dan sehat selalu. Dan itu bukan hanya sekedar olahraga ataupun mengkonsumsi  makanan sehat? 

Berikut cara sederhana yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mendapatkan umur panjang :

1. Mengkonsumsi makanan pedas

Ternyata hanya dengan makan makanan pedas, bisa membantu Anda supaya panjang umur. Hal ini diungkapkan oleh dua penelitian berbeda dari Amerika Serikat dan Tiongkok, yang menemukan bahwa kelompok orang yang hampir tiap hari makan makanan pedas mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit kronis hingga 13-14 persen daripada orang yang tidak suka makan cabe. Bahkan perempuan yang hobi makan pedas juga dilaporkan terhindari dari risiko kematian akibat kanker dan gangguan pernapasan.  

Walaupun dengan makan cabe bisa membuat Anda panjang umur,  Anda juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena makan makanan pedas juga di malam hari bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang membuat Anda bermimpi buruk dan sulit tidur nyenyak.

2. Tidur

Diketahui orang dewasa pada umumnya membutuhkan tidur kurang lebih 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatannya. Namun sayangnya, banyak orang yang justru kekurangan waktu tidur. Padahal, tidur cukup meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan stres sehingga Anda lebih berstamina. Tidur cukup juga membantu Anda agar panjang umur dengan menjauhkan tubuh dari berbagai macam risiko penyakit kronis, seperti obesitas dan penyakit jantung, serta mencegah penuaan dini. 

3. Sering berhubungan seks

Seks dan sentuhan dianggap sebagai bagian penting dari kesehatan karena seks terbukti membantu melepaskan hormon bahagia oksitosin. Dalam tubuh, oksitosin bekerja mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri, hingga mengurangi risiko kanker prostat. Itu kenapa rajin berhubungan seks dan kelonan dengan pasangan bisa membuat Anda lebih panjang umur. Seks juga menguatkan ikatan hubungan emosional Anda dengan pasangan yang bisa menjaga keharmonisan rumah tangga. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kesehatan mental Anda berdua.

4. Banyak senyum dan tertawa

Tersenyum adalah cara yang murah meriah agar panjang umur karena tersenyum juga bisa menangkal efek stres. Ketika Anda tersenyum dan tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu memperbaiki mood. Hormon ini juga bekerja melancarkan aliran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian bahkan membuktikan manfaat senyum dan tertawa bagi kesehatan jantung hampir sama dengan olahraga aerobik. Tersenyum dan tertawa sistem kekebalan tubuh Anda meningkat.

Manfaat ini ternyata tetap bisa Anda dapatkan hanya dengan pura-pura senyum atau tertawa. Dengan memaksa diri untuk tersenyum, kita “mengelabui” tubuh kita agar percaya bahwa semuanya baik-baik saja, sehingga stres pun perlahan menghilang.

 

5. Minum kopi

Ternyata, antioksidan dalam biji kopi dapat membantu memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Studi yang dimuat dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2000 menyebutkan bahwa kopi membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Minum 2-3 cangkir kopi hitam sehari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis hingga sebesar 10%, ungkap penelitian dari National Institutes of Health.

Dengan catatan: Anda minum kopi hitam pahit, tanpa tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya. Porsinya pun tidak boleh berlebihan, agar tidak berbalik justru merugikan kesehatan. Segala manfaat di atas bisa Anda dapatkan dengan minum kopi maksimal hanya 2-3 cangkir per hari. Lebih dari itu, risiko kematian akibat penyakit kronis malah bisa meningkat hingga 56 persen.

 

 

 

R1/DEVI