Ini Manfaat Mengonsumsi Pisang Bagi Ibu Hamil

Ini Manfaat Mengonsumsi Pisang Bagi Ibu Hamil

26 November 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Buah Pisang sangat kaya akan kandungan vitamin seperti karbohidrat, serat, air, protein, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, mangan, dan folat. Kandungan nutrisi ini menjadikan buah pisang sebagai salah satu asupan yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Ibu hamil harus lebih selektif dalam memilih makanan, sebab apapun yang dikonsumsi ibu hamil akan memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan janinnya. Berikut adalah manfaat pisang untuk ibu hamil:

1. Meringankan Morning Sickness

Ibu hamil cenderung menjadi malas makan. Hal tersebut disebabkan oleh Morning sickness yang dapat menyebabkan mual dan muntah, sehingga nafsu makan pun berkurang. Konsumsi buah pisang saja karena dipercaya bisa meringankan mual dan muntah, sebab mengandung vitamin B6. Selain itu, pisang juga mudah dicerna dan cukup mengenyangkan .



2. Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi, khususnya cacat pada tabung saraf dan otak.

Jadi ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti buah pisang. Untuk mengurangi risiko cacat pada tabung saraf janin. Asam folat dalam pisang membantu pertumbuhan janin lebih optimal, sehingga terhindar dari cacat bawaan dan lahir prematur.

3. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil adalah melancarkan pencernaan. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil, karena kurang lancarnya pencernaan atau sembelit akibat melambatnya pencernaan karena perubahan hormon.



Untuk mengatasinya, bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25 hingga 30 gram per hari. Pisang bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai sumber serat harian, karena 1 buah pisang berukuran sedang terdapat sekitar 2.5 gram serat.

4. Menangkal Radikal Bebas

Pisang mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Asupan vitamin C yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sekitar 80-85 mg per hari. Jadi pisang sangat bagus untuk ibu hamil untuk membentuk kolagen di dalam tulang, tulang rawan, otot, kulit dan pembuluh darah; serta penting bagi perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.

5. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Sudah tidak diragukan lagi kalau pisang adalah sumber potasium terbaik. Potasium ini berguna untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh bumil agar tetap stabil. Sebaiknya bumil rutin mengkonsumsi pisang, agar terhindar dari preeklampsia atau tekanan darah tinggi saat hamil.