Lelah dan Sulit Fokus, Ini TandaTubuh Kekurang Sayuran

Lelah dan Sulit Fokus, Ini TandaTubuh Kekurang Sayuran

19 November 2019
Ilustrasi sayuran

Ilustrasi sayuran

RIAU1.COM - Sayuran adalah salah satu sumber utama serat yang penting penting bagi tubuh. Tubuh yang kekurangan serat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa tanda-tanda yang terjadi pada tubuh saat kekurangan sayuran seperti dilansir dari tempo

1. Memar

Sayuran mengandung berbagai nutrisi mulai dari protein dan mineral hingga vitamin. Jika tidak memakannya, tubuh akan mulai menunjukkan kekurangan. Ketika vitamin C rendah, akan ada peningkatan risiko memar.

Apabila memar sudah terlihat banyak pada tubuh, mulailah mengonsumsi paprika merah, kangkung, brokoli, sayuran berdaun gelap dan lainnya.



2. Lelah

Merasa lelah adalah hal yang normal karena ini cara ini memberi tahu agar tubuh beristirahat. Tapi, jika yang terjadi justru lelah sepanjang waktu, kemungkinan besar, hal ini kurang asupan nutrisi.

Kekurangan vitamin B dan zat besi dapat menyebabkan kelelahan. Untuk itu, mulailah makan sayuran hijau dan sayuran bertepung seperti kacang merah, asparagus, lentil.

3. Kekebalan rendah

Sedikit perubahan cuaca bisa membuat batuk dan bersin? Ini tanda klasik tubuh membutuhkan sayuran untuk meningkatkan kekebalan. Rasa dingin yang mengganggu adalah pertanda pertahanan turun. Segera konsumsi makanan mengandung vitamin C, seperti sayuran berdaun hijau.



4. Sulit fokus

Mengalami kesulitan mengingat hal-hal dan fokus? Jika ya, kemungkinan ini karena tubuh membutuhkan kebaikan sayur untuk membuat fokus kembali normal. Konsumsilah wortel, brokoli, jagung, tomat, dan sayuran berdaun.

5. Kram otot

Tanda klasik kekurangan sayuran adalah kram otot, terutama usai berolahraga di luar ruangan. Namun hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan mengonsumsi buah dan sayuran.