Tak Hanya Rileks, Ini Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Garam

Tak Hanya Rileks, Ini Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Garam

17 November 2019
Merendam kaki dengan air garam-net

Merendam kaki dengan air garam-net

RIAU1.COM - Merendam kaki dengan menggunakan air hangat adalah salah satu teknik terapi yang sudah dikenal sejak dahulu kala.  Namun akhir- akhir ini, merendam kaki dengan air garam menjadi salah satu bentuk refleksi dan pengobatan alternatif yang menarik banyak orang.

Melansir jitunews, cara ini dianggap sebagai salah satu bentuk pengembangan dari merendam kaki dengan air hangat). Disarankan garam yang digunakan ialah garam yang mengandung magnesium sulfat seperti garam epsom.

Hal ini karena kandungan tersebut dapat memproduksi energi, meredakan nyeri otot, dan mengurangi peradangan. Berikut ini beragam manfaat merendam kaki dengan air garam.



1. Merawat kuku kaki

Dengan merendam kaki menggunakan air garam selama beberapa saat. Menjadi salah satu langkah awal dalam perawatan kuku kaki, nantinya kuku kaki yang tebal akan menjadi lunak sehingga lebih mudah untuk dirapikan.

2. Menghilangkan bau kaki

Kaki yang tertutup oleh sepatu sepanjang hari dapat membuat kelembapan di area kaki dan kondisi ini menjadi tempat yang sempurna untuk perkembangbiakan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada kaki.

Untuk mengurangi bau kaki, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan merendamnya di air garam. Caranya, larutkan 1/2 sendok garam ke dalam wadah yang berisi air hangat. Kemudian, rendam kaki Anda dalam wadah tersebut selama 10-20 menit. Cara ini akan membersihkan kaki, sekaligus mencegah perkembangan bakteri penyebab bau kaki.



3. Mengatasi kaki pecah-pecah

Terapi ini juga dapat mengatasi kaki kering dan tumit pecah-pecah. Cara ini juga dapat membuat otot kaki kalian menjadi lebih rileks.

4. Mengatasi infeksi jamur pada kaki

Merendam kaki dengan air garam juga ampuh untuk membantu mengatasi infeksi jamur di kaki. Caranya cukup mudah yaitu, kalian hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat dan 1/2 sendok garam. Selanjutnya, larutkan garam ke air hangat dan rendamlah kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari agar infeksi jamur pada kaki lebih cepat mengering dan menghilang.

5. Mencegah insomnia

Merendam kaki dengan air garam yang mengandung magnesium sulfat juga dinilai efektif untuk mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia. Hal ini membuat aliran darah menjadi lancar yang efeknya membuat tubuh lebih merasa nyaman, mengurangi rasa stres dan menghilangkan rasa pegal pada kaki kalian.