Atasi Kantuk Saat Bekerja Malam Dengan Cara Ini

Atasi Kantuk Saat Bekerja Malam Dengan Cara Ini

20 Oktober 2019
Ilustrasi-net

Ilustrasi-net

RIAU1.COM - Sebagian pekerjaan kantoran menerapkan sistem bekerja dengan pembagian waktu, ada yang dari pagi hingga sore atau siang hingga malam. Bagi pekerja shift malam, mau tak mau tentu harus bisa tetap terjaga sepanjang malam.

Bekerja malam hanyalah perubahan waktu kerja saja, asalkan kita tidur dengan teratur di siang hari, maka tidak menjadi masalah.

"Yang penting total tidur sehari cukup 6-8 jam. Makanan ringan pada malam hari biasanya sering dikonsumsi tengah malam saat begadang biar tidak lapar. Snack sendiri sebetulnya tidak menghilangkan rasa kantuk, kecuali snack-nya dibarengi dengan kopi atau snackn-ya mengandung kopi," ujar Head of Medical Kalbe Nutrionals dr Muliaman sebagai mana dikutip dari Wolipop, Minggu (20/10/2019).



Menurut dr Muliaman, kopi mengandung kafein yang membuat dan bisa merangsang syaraf simpatis sehingga membuat beberapa orang lebih aware dan tidak ngantuk setelah minum susu. Minum 2 gelas kopi sehari tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, sebuah penelitian dari University of South Australia, menunjukkan makanan ringan sederhana bisa menjadi pilihan untuk memaksimalkan kewaspadaan dan produktivitas, terutama saat bergadang di malam hari.



"Makanan ringan yang dianjurkan yang rendah kalori sekitar 90-100 kcal/potong, tinggi serat, dan membuat kenyang lebih lama dan tentu rasanya yang enak dan disukai," ujar dr Muliaman.

Loading...