Rabu, 16 Oktober 2019

GAYA-HIDUP

Kabut Asap, Ini Alat Bantu Pernafasan Yang Bisa Disediakan di Rumah

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Kualitas udara yang kian memburuk akibat terpapar asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah di Provinsi Riau membuat masyarakat tak cukup hanya menggunakan masker. Sebagian masyarakat juga ada yang berburu oksigen.

Tebalnya kabut asap membuat masyarajat mengalami gangguan pernafasan. Orang-orang dengan gangguan pernapasan seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan emfisema membutuhkan berbagai macam alat agar mereka dapat bernapas dengan baik serta menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Berikut macam-macam alat bantu pernapasan bagi yang memiliki gangguan pernapasan.



BACA JUGA : Hasil Penelitian, Sebagian Besar Wanita di Indonesia Tidak Pernah Tes Darah

Iklan Riau1


1. Tabung dan regulator oksigen
Tabung oksigen punya kemampuan untuk mengubah air menjadi oksigen. Oksigen lantas dialirkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien, bisa melalui hidung atau mulut pasien.

Tabung oksigen juga biasanya memiliki regulator oksigen. Regulator oksigen adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan oksigen yang diberikan kepada pasien. Pasalnya, oksigen yang berasal dari tabung memiliki tekanan yang tinggi, sehingga perlu diatur agar aman bagi pasien.

2. Tabung oksigen portable
Berbeda dengan tabung oksigen yang ukurannya besar, oksigen portable dikemas dalam tabung kecil. Oksigennya tersedia dalam bentuk gas. Tabung oksigen ini mudah dibawa ke mana pun.



BACA JUGA : Ini 6 Bahaya Minuman Manis Seperti yang Dilarang Iklan di Singapura



Selain untuk orang-orang dengan gangguan pernapasan tertentu, oksigen portable biasa menjadi salah satu komponen penting dalam kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

3. Air Cleaner
Air cleaner atau air purifiers digunakan untuk meningkatkan kualitas udara. Air cleaner atau air purifier biasanya memiliki saringan yang berfungsi untuk menyaring partikel debu ataupun mikroorganisme seperti kutu. Sehingga udara yang dihasilkan pun segar. Selain sistem penyaring, alat ini juga terkadang memiliki pembersih ion yang akan berfungsi dalam proses ionisasi udara sehingga menghasilkan udara yang bersih dari partikel-partikel polutan.





Loading...