Punya Kekayaan Rp 6,3 Triliun, Begini Cara Cristiano Ronaldo Menghabiskan Uangnya

Punya Kekayaan Rp 6,3 Triliun, Begini Cara Cristiano Ronaldo Menghabiskan Uangnya

15 September 2019
Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

RIAU1.COM - Pencinta sepakbola, tidak ada yang tidak kenal dengan Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo atau yang akrab dikenal dengan sebutan CR7 merupakan salah satu atlet terkaya di dunia.

Bintang sepak bola asal Portugal itu diperkirakan memiliki kekayaan bersih $ 450 juta (Rp 6,3 triliun).

Saat ini, Ronaldo merumput di Serie A bersama Si Nyonya Besar, Juventus.

Seperti dilansir CNBC Indonesia, Minggu, 15 September 2019, Pemenang lima kali Ballon d'Or itu mendapat gaji sebesar 4,7 juta euro (sekitar Rp 73 miliar) per bulan. Nominal itu menjadikan Ronaldo sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di Serie A.

Ketika berusia 18 tahun, Ronaldo menandatangani kontrak dengan Manchester United, klub sepak bola terbesar di Inggris. Sejak itu, dia membangun reputasi sebagai pesepak bola kelas dunia.

 

Sampai dengan saat ini, Ronaldo telah membukukan 654 goal sepanjang karier. Yang unik, kakinya pun diasuransikan sebesar US$ 144 juta (Rp 2 triliun). Ronaldo mungkin bukan atlet dengan bayaran tertinggi di dunia.

Tetapi yang membedakan Ronaldo dari pemain lain adalah bagaimana ia memanfaatkan kekuatan brand di media sosial.

Ronaldo adalah pengguna media sosial yang aktif dan memiliki pengguna terbanyak ketimbang semua atlet. Dia mengungguli bintang sepak bola Barcelona dan Argentina Lionel Messi dan pemain andalan PSG dan Brasil Neymar Jr. ?

Menurut Hookit, Ronaldo memiliki 323,4 juta pengikut di seluruh platform media sosial (Facebook hingga Instagram). Di Instagram, ia memiliki pengikut ketiga terbesar di dunia ini dengan 128 juta pengikut.

Itulah mengapa para sponsor membayar mahal CR7 hanya untuk satu posting berbayar di halaman media sosialnya. Hookit memperkirakan Ronaldo memiliki lebih dari 2,3 juta interaksi media sosial dan viewers per posting. ?

Interaksi itu menghasilkan nilai US$ 1,8 juta per posting yang disponsori untuk merek seperti Nike.

Perusahaan riset media sosial Izea memperkirakan Ronaldo menghasilkan hampir US$ 400.000 untuk setiap posting yang disponsori di Instagram pada tahun 2018.

Kesepakatan itu dibuat kembali pada 2016 dan berpotensi berlangsung selama beberapa dekade setelah dia pensiun dari sepak bola.

Merek global juga ingin menjadikan Ronaldo sebagai wajah perusahaan mereka. Mulai dari perusahaan arloji hingga penyedia kabel. Dia bahkan menjadi duta untuk sebuah perusahaan baja Mesir.?

Ronaldo juga memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh pemain sepak bola saingan lainnya, yakni kontrak seumur hidup dengan Nike yang diperkirakan bernilai $ 1 miliar.


Kekayaan yang besar tentu berbanding lurus dengan pengawasan aparatur terkait.

Ronaldo pernah tersangkut kasus penggelapan pajak di Spanyol tatkala membela Real Madrid. Hukuman penjara dua tahun sempat dijatuhkan, namun ditangguhkan lantaran CR7 membayar denda US$ 21,7 juta.

Begini Ronaldo 'menghabiskan' uangnya
Sederhana. Ronaldo memiliki bisnis yang dibangun sendiri atau beberapa karibnya. Dia memiliki lini pakaian mewah, alas kaki, selimut, parfum, aplikasi mobile, creative agency, restoran, dan bahkan hotel.

Pada tahun 2015, Ronaldo menginvestasikan US$ 40 juta di Pestana Hotel Group.?

Gaya hidup Ronaldo juga ditunjang dengan kepemilikan properti. Dia memiliki vila senilai US$ 7,1 juta di Madrid dan apartemen senilai US$ 18,5 juta di Trump Tower, New York, AS. CR7 juga memiliki banyak mobil mahal, termasuk Lamborghini dan Ferrari.

Dia sekarang mengendarai Bugatti Chiron dengan logo CR7, yang bernilai sekitar US$ 3 juta. Dia bahkan memiliki jet pribadi, yang diperkirakan bernilai US$ 17 juta.

Dengan warisan bintang sepak bola yang membentang di luar lapangan, sepertinya kerajaan penghasil cuan Ronaldo akan terus berlanjut bahkan setelah dia pensiun.

R1/Hee